Microsoft Garap Layanan Streaming Game Xbox Bernama xCloud

Dini Listiyani ยท Rabu, 10 Oktober 2018 - 14:43 WIB
Microsoft Garap Layanan Streaming Game Xbox Bernama xCloud

Microsoft garap layanan streaming game Xbox. (Foto: Ubergizmo)

REDMOND, iNews.id - Microsoft telah mengumumkan layanan Xbox game streaming service yang berjudul Project xCloud. Layanan ini akan mampu streaming game Xbox ke konsol, PC, dan perangkat seluler.

Microsoft telah mengatakan, scaling dan building layanan merupakan proyek multi-year untuk perusahaan. Proyek xCloud 2019 akan memulai uji coba umum pada 2019.

Proyek xCloud kompatibel dengan game Xbox yang ada dan akan datang karena didukung oleh hardware khusus yang telah dibuat Microsoft untuk data center-nya, seperti dilaporkan Ubergizmo, Rabu (10/10/2018).

Microsoft telah menguji Proyek xCloud secara internal dan menjalankannya di ponsel, serta tablet yang bisa di-paired dengan Xbox Wirless Controller melalui Bluetooth. Game juga bisa dimainkan menggunakan touch input.

Touch input khusus game baru sedang dikembangkan untuk respons maksimum dalam footprint minimal bagi mereka yang ingin bermain tanpa pengontrol. Di samping itu, tim di Microsoft Research sedang mengupayakan pengurangan latensi melalui peningkatan networking topology, video encoding, dan decoding.

Menariknya, proyek xCloud bisa streaming game di jaringan 4G dan pengalaman pengujian saat ini berjalan pada 10 megabit per detik. Detail lebih lanjut tentang proyek xCloud ini akan diungkap setelah uji coba publik dimulai tahun depan.


Editor : Tuty Ocktaviany