Teleskop Luar Angkasa NASA Shut Down di Orbit

Dini Listiyani ยท Minggu, 14 Oktober 2018 - 10:01 WIB
Teleskop Luar Angkasa NASA Shut Down di Orbit

Teleskop Luar Angkasa NASA Shut Down di Orbit (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Teleskop luar angkasa Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) NASA shut down. Akbitnya, pengamatan sains dihentikan.

Setelah Hubble Space Telescope, kini giliran Chandra X-ray Observatory offline. NASA mengatakan, Chandra secara otomatis memasuki safe mode pada Rabu lalu karena masalah giroskop.

Hubble juga hibernasi Jumat pekan lalu karena kegagalan giroskop. Kedua observatorium yang mengorbit itu sudah tua dan dalam misi yang diperpanjang.

Mengutip Phys, Minggu (14/10/2018), Hubble dan Chandra masuk ke dalam hibernasi kurang dari seminggu. Kejadian ini tidak sengaja dan merupaka kebetulan semata.

Astronom yang bekerja di Chandra, Jonathan McDowell dari Harvard-Smithsonian Center untuk Astrophysics belum lama ini mencuitkan sesuatu yang unik. "Chandra memutuskan jika Hubble bisa berlibur sebentar, dia juga menginginkannya," katanya.

Diluncurkan oleh pesawat ulang-alik pada 1990-an, Hubble dan Chandra merupakan bagian dari seri Great Observatories NASA. Sementara yang lainnya merupakan bagian dari Compton Gamma Ray Observatory yang juga diluncurkan pada 1990-an tapi akhirnya gagal dan dihacurkan.


Editor : Dini Listiyani