Tips Bikin Ringtone Gratis dari iPhone

Dini Listiyani ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 11:01 WIB
Tips Bikin Ringtone Gratis dari iPhone

Tips Bikin Ringtone Gratis dari iPhone (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Custom ringtone merupakan cara terbaik untuk mempersonalisasi ponsel Anda. Menariknya, pemilik iPhone bisa membuat ringtone mereka sendiri.

Tahukah Anda pemilik iPhone bisa membuat ringtone langsung dari ponsel mereka? Anda bisa merekam suara apa saja atau membuat musikal sendiri. Caranya pun gampang untuk dilakukan.

Anda membutuhkan aplikasi GarageBand untuk membuat ringtone sendiri di iPhone. GarageBand merupakan sequencer musik multitrack powerful yang bisa Anda gunakan untuk membuat lagu terdengar profesional.

Jika Anda bingung menggunakan GarageBand ini, intip tutorial berikut yang dirangkum iNews.id dari Makeuseof, Sabtu (13/10/2018).

Langkah 1: Bikin Proyek GarageBand
Tap ikon GarageBand di ponsel Anda dan buka aplikasi. Jika pernah menggunakan aplikasi, Anda akan melihat list proyek yang telah dibuat. Ringtone Anda harus berada dalam proyek sendiri, jadi buat folder baru. Caranya, tap tombol Plus di sudut kanan-atas dan tekan select Track tab.

Kini, Anda bisa swipe ke samping untuk memilih instrumen bawaan, sound library, dan Audio Recorder. Untuk mengimport lagu yang sudah ada ke proyek baru, pilih Audio Recorder dengan mengetuknya. Layar Audio Recorder sudah diatur untuk merekam suara tapi jika ingin mengubah bagian musik yang ada menjadi ringtone, Anda tidak membutuhkan kontrol lebih. Sebagai gantinya, tap ikon ketiga dari kiri di atas layar. Pergi ke layar editing utama.

Langkah 2: Import Musik
GarageBand bisa import trek musik tak terlindungi yang ada di iPhone. Aplikasi juga bisa melakukan ini untuk trek di tempat-tempat yang bisa diakses iPhone Anda seperti akun iCloud atau Dropbox. Untuk mengimport lagu, klik ikon loop di atas layar editing utama GarageBand.

 

Tap File kemudian Browse item dari aplikasi File untuk melihat semua dokumen iPhone Anda. Setelah file yang dipilih diunduh ke iPhone, Anda akan dibawa ke tab File. Selanjutnya, tap finger pada lagu yang ingin Anda gunakan sebagai ringtone, tahan, lalu seret ke atas layar.

List dari file akan disembunyikan sehingga Anda bisa drop lagu ke editor utama. Anda bisa mendengarkan musik yang Anda import dengan mengetuk tombol Play di bagian atas layar. Jika Anda hanya ingin mengubah lagu menjadi ini menjadi ringtone tanpa melalukan perubahan apa pun, artinya Anda hampir selesai.

Langkah 3: Export Ringtone
Sebelum mengubah musik menjadi ringtone, Anda harus kembali ke daftar proyek. Tap ikon segitiga menghadap ke bawah di bagian kiri atas, lalu tap My Songs. GarageBand akan membawa Anda kembali ke daftar proyek, di mana lagu baru Anda akan muncul sebagai My Songs. Jika Anda ingin mengubah namanya, tap dan tahan untuk memunculkan menu contex dan pilih Rename.

Saat siap untuk mengubah trek musik Anda menjadi ringtone, Anda memerlukan menu kontekstual lagi. Tap dan tahan proyek Anda, pilih Share dari popup menu, lalu pilih Ringtone. Kini, Anda bisa mengetuk OK untuk kembali ke daftar proyek atau Use sound as untuk segera menggunakan ringtone.

Cara Mengubah Ringtone di iPhone
Jika tidak menetapkan ringtone baru dari dalam GarageBand, Anda bisa mengaturnya kapa saja. Masuk ke aplikasi Setting, pilih Sounds, dan selanjutnya tap Ringtone. Ringtone buatan Anda akan muncul di bagian atas daftar.

Jika Anda ingin menggunakan ringtone untuk teman atau anggota keluarga tertentu, Anda bisa memilih orang tersebut dari aplikasi Contact, tap Edit, selanjutnya pilih Ringtone atau Text Tone untuk menggunakan karya baru Anda.


Editor : Dini Listiyani