5 Hal Aneh yang Terjadi di Luar Angkasa

Dini Listiyani · Senin, 15 Agustus 2022 - 14:00:00 WIB
5 Hal Aneh yang Terjadi di Luar Angkasa
5 Hal Aneh yang Terjadi di Luar Angkasa  (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Luar angkasa begitu aneh dan penuh misteri. Keanehan yang terjadi di luar angkasa tidak jarang membuat para ilmuwan tercengang. Ini hal aneh yang terjadi di luar angkasa.

Luar angkasa didominasi kekuatan elektromagnetik tak terlihat. Luar angkasa juga penuh dengan jenis materi aneh yang tidak pernah dialami atau ditemukan di Bumi.

Karena tidak lazim, tentu saja apa yang ditemukan di luar angkasa menjadi aneh bagi manusia di Bumi. Penasaran apa saja keanehan yang bisa ditemukan di luar angkasa? Berikut ini penjelasannya, sebagaimana dikutip dari blog NASA.

Hal Aneh yang Terjadi di Luar Angkasa

1. Plasma
Berbeda dengan di Bumi, di luar angkasa 99,9 persen materi normal berada dalam bentuk berbeda seperti plasma. Terbuat dari ion lepas dan elektron, zat ini berada dalam keadaan supercharged di luar gas yang dibuat saat materi dipanaskan hingga suhu ekstrem atau dialiri arus listrik yang kuat.

Meskipun jarang berinteraksi dengan plasma, manusia bisa melihatnya. Semua bintang di langit malam, termasuk Matahari, sebagian besar terbuat dari plasma. Bahkan terkadang muncul di Bumi dalam bentuk sambaran petir dan tanda-tanda neon.

2. Suhu Ekstrem
Dari Siberia hingga Sahara, Bumi mengalami rentang suhu yang luas. Tercatat ada setinggi 134°F dan hingga -129°F (57°C hingga -89°C). Tapi apa yang dianggap ekstrem di Bumi adalah rata-rata di luar angkasa.

Di planet tanpa atmosfer isolasi, suhu berfluktuasi liar antara siang dan malam. Merkurius secara teratur mempunyai suhu siang sekitar 840 ° F (449 ° C) dan dan malam dingin serendah -275 ° F (-171 ° C).

Di luar angkasa itu sendiri, beberapa pesawat ruang angkasa mengalami perbedaan suhu sebesar 60 ° F (33 ° C) hanya antara sisi yang diterangi matahari dan sisi yang teduh. Itu seperti memiliki segelas air di tempat teduh yang membeku di hari musim panas! Parker Solar Probe NASA, pada pendekatan terdekat dengan Matahari, akan mengalami perbedaan lebih dari 2.000 derajat.

3. Alkimia Kosmik
Saat ini, Matahari sedang meremas hidrogan menjadi helium pada intinya. Proses penggabungan atom-atom di bawah tekanan dan suhu yang sangat besar, membentuk unsur-unsur baru yang disebut fusi.

Saat alama semesta lahir, sebagian besar berisi hidrogen dan helium, ditambah beberapa elemen ringan lainnya. Fusi dalam binang dan supernova telah melengkapi kosmos dengan lebih dari 80 elemen lain, beberapa di antaranya memungkinkan kehidupan.

Matahari dan bintang-bintang lainnya adalah mesin fusi yang sangat baik. Setiap detik, Matahari menggabungkan sekitar 600 juta metrik ton hidrogen — itu adalah massa Piramida Agung Giza 102 kali!

Seiring dengan penciptaan elemen baru, fusi melepaskan sejumlah besar energi dan partikel cahaya yang disebut foton. Foton-foton ini membutuhkan waktu sekitar 250.000 tahun untuk mencapai 434.000 mil (sekitar 700.000 kilometer) untuk mencapai permukaan Matahari yang terlihat dari inti Matahari. Setelah itu, cahaya hanya membutuhkan waktu delapan menit untuk menempuh jarak 93 juta mil (150 juta kilometer) ke Bumi.

Halaman : 1 2