5 Jenis Bakteri dengan Super Power, Ada yang Bisa Membekukan Air

Dini Listiyani ยท Jumat, 08 Maret 2019 - 09:01 WIB
5 Jenis Bakteri dengan Super Power, Ada yang Bisa Membekukan Air

5 jenis bakteri dengan super power (Foto: List Verse)

JAKARTA, iNews.id - Dengan ukuran mikroskopisnya, bakteri bisa berada di mana-mana. Bahkan, bakteri bisa melakukan sesuatu yang belum tentu bisa dilakukan makhluk lainnya.

Belum lama ini diketahui ada mikroorganisme yang memiliki kemampuan luar biasa seperti bakteri yang memakan limbah radioaktif. Namun, ada spesies tertentu dari makhluk kecil ini yang memiliki kemampuan super power.

Setidaknya ada 10 jenis bakteri yang memiliki kemampuan super power dan berikut daftarnya sebagaimana dirangkum iNews.id, dari List Verse, Jumat (8/3/2019).

1. Staphylococcus Epidermidis
Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Untuk memerangi kanker, para ilmuwan telah menemukan metode yang melibatkan bakteri.

Pada Februari 2018, sekelompok peneliti dari University of California menemukan bakteri Staphylococcus epidermis memiliki kekuatan anti kanker. Mikroba ini umumnya ditemukan di kulit manusia yang sehat. Setelah analisis yang cermat, para ilmuwan mencatat, S. epidermidis memproduksi senyawa kimia mirip komponen DNA tertentu.

Saat para peneliti menguji zat di laboratorium, mereka itu menghentikan produksi DNA. Secara khusus, material kimia mencegah sel kanker berkembang biak lebih jauh. Namun, 6-HAP tidak berpengaruh pada sel normal karena enzim tertentu di dalamnya menonaktifkan material kimia.

2. Ancient Bacteria
Tim ilmuwan dari University of Copenhagen memperoleh sampel bakteri kuno dalam lapisan es di Kanada, Rusia, dan Antartika. Diperkirakan mikroba telah hidup selama sekitar 600.000 tahun dan saat para ilmuwan melihat DNAnya, mereka terkejut melihatnya hampir utuh.

Kejadian ini merupakan sesuatu yang luar biasa bagi makhluk-makhluk pada zaman itu. Sebab, DNA mulai rusak setelah beberapa waktu. Untuk bertahan selama ribuan tahun, banyak mikroorganisme memasuki keadaan hampir tidak aktif total. Meskipun begitu, DNA mereka akan terus menderita kerusakan besar.

3. Aquifex
Pada 1980-an, ilmuwan menemukan organisme hipertermofilik pertama yang diketahui, makhluk mikroskopis yang mampu hidup dan bereproduksi pada suhu mendekati 100 derajat celsius. Tapi, kebetulan sebagian besar mikroorganisme ini termasuk dalam domain Archaea, sebuah kelompok yang berbeda dari bakteri dan ditemukan pada akhir 1970-an.

4. Modified Klebsiella Planticola
Super power dari bakteri ini memberikannya kemampuan untuk berpotensi menghapus semua kehidupan tanaman di Bumi. Bakteri Klebsiella Planticola muncul di akar hampir setiap tanaman di Bumi. Makhluk-makhluk ini bertanggung jawab atas membusuknya tanaman mati sehingga membersihkan tanah dari sampah organik.

5. Pseudomonas Syringae
Seperti Iceman Marvel, bakteri Pseudomonas syringae bisa membekukan air dengan menyentuhnya. Bahkan pada suhu di atas titik beku alami. Bakteri P. syringea sebagian besar hidup di tanaman pertanian, serta di banyak jenis tanaman lainnya.

Untuk memberi makan diri mereka sendiri, makhluk kecil ini membekukan jaringan tanaman agar bisa dengan mudah mengakses nutrisi mereka. Pada gilirannya, bisa menyebabkan kerusakan besar pada pertanian. Selain itu P. syringea juga telah ditemukan di lingkungan bersalju dari Eropa ke Antartika.

TAG : bakteri