6 Penemuan yang Mengubah Hidup Manusia, Ada Perkakas Batu

Dini Listiyani ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 10:01 WIB
6 Penemuan yang Mengubah Hidup Manusia, Ada Perkakas Batu

6 penemuan yang mengubah hidup manusia, ada perkakas batu (Foto: Britannica)

JAKARTA, iNews.id - Penemuan di masa lalu tidak dipungkiri memiliki pengaruh pada teknologi saat ini. Ada beberapa penemuan di masa lalu yang diketahui memiliki sumbangsih besar dalam perubahan hidup manusia saat ini.

Penemuan teknologi di masa lalu tersebut berkembang dan sekarang bisa membantu kehidupan manusia. Penasaran apa saja penemuan yang mengubuah hidup Anda?

Sebenarnya banyak penemuan di masa lalu yang ikut andil mengubah dunia saat ini. Nah, berikut ini hanya beberapa di antaranya.

1. Apple II Personal Computer
Melansir ensiklopedia Britannica, Kamis (6/6/2019), pada 1977 Stephen Wozniak meluncurkan Apple II, PC yang bisa membuka jalan bagi penggunaan komputer pribadi secara luas. Sejak saat itu, Apple telah menjadi teknologi dan komputer telah berevolusi dari yang besar hingga bisa dibawa seperti sekarang.

2. Integrated Circuit
Elektronik modern tidak akan mungkin terjadi tanpa integrated circuit yang ditemukan pada 1958 oleh Jack Kilby. Integrated circuit juga dikenal sebagai microchip yang sangat penting memberi daya pada smartphone hingga bagian-bagian mobil Anda.

3. Kamera Televisi dan Receiver Iconoscope
Kamera televisi dan receiver Iconoscope ditemukan oleh Vladimir Kosmo Zworykin, engineer Amerika kelahiran Rusia pada 1920-an. Mentransmisikan gambar dari satu tempat ke tempat lain tidak hanya mendapatkan film kartu saat weekend, tapi berita dan informasi penting lainnya untuk tersebar secara luas ke seluruh dunia.

4. Phonograph Silinder Edison
Phonograph silinder Thomas Alva Edison membwa musik kepada massa. Teknologi ini adalah tipe pertama dari pemutar rekaman yang menggunakan lembar kertas timah dan stylus bergetar. Penemuan 1857 jauh berbeda dari iPod, tapi itu menandakan awal musik portable.

Bayangkan saja, sebelum phonograph ada, orang yang ingin mendengarkan lagu harus menemukan seseorang untuk memainkannya.

5. Seluloida
Seluloida, plastik sintetis pertama, sangat penting bagi kehidupan sekarang. Seluloida dikembangkan pada 1860-an dan 1870-an oleh industrialis dan penemu John Wesley Hyatt. Sebelum itu, dunia tidak mungkin memiliki kantong plastik atau jam tangan murah.

6. Perkakas Batu
Perkakas batu adalah teknologi manusia paling awal. Teknologi diciptakan lebih dari dua juta tahun yang lalu oleh Homo Habilis, leluhur manusia purba. Alat paling sederhana yang dikenal para penemu mereka sebagai choppers adalah batu yang diasah dan dibuat dengan menghancurkan satu batu ke batu lainnya.


Editor : Dini Listiyani