Aktivitas Vulkanik Diduga Memanaskan Danau di Mars

Dini Listiyani ยท Senin, 18 Februari 2019 - 05:45 WIB
Aktivitas Vulkanik Diduga Memanaskan Danau di Mars

Mars memamerkan kutub selatannya (Foto: ESA)

CALIFORNIA, iNews.id - Mars terkadang dianggap sebagai planet mati. Tapi, penelitian baru menunjukkan Planet Merah ini kemungkinan menyembunyikan gejolak vulkanik di dalam keraknya.

Pada Juli 2018, tim ilmuwan internasional menemukan Mars kemungkinan besar menyimpan air di bawah es bagian selatan. Dengan menggunakan data yang diperoleh pengorbit European Space Agency's Mars Express, mereka menyarankan ada danau air asin yang bersembunyi di sana.

Karena fenomena serupa terlihat di bawah lapisan es Bumi, ketua peneliti Roberto Orosei menyimpulkan pada saat itu ada air di Mars hari ini. Orosei menyarankan garam yang menurunkan titik leleh es bisa muncul pada konsentrasi sedemikian rupa sehingga memungkinkan danau terbentuk.

Studi baru ini didasarkan pada penelitian tersebut. Tapi air di bawah es yang belum sepenuhnya membeku bukan karena garam melainkan akibat aktivitas vulkanik di bawah permukaan Mars.

Dengan menggunakan sejumlah model fisik, tim mencoba memahami tingkat panas yang perlu dihasilkan untuk membentuk danau bawah tanah. Paper mereka menunjukkan, satu solusi yang masuk akal adalah jika ruang magma muncul di kedalaman tidak lebih dari 10 km di bawah.

Tim menyarankan lander NASA InSight akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana panasnya kerak Mars. Interior Mars tidak sepanas Bumi, tapi tidak diketahui seberapa hangat.

"Kami berpikir jika ada kehidupan kemungkinan harus dilindungi di bawah permukaan," kata penulis paper terbaru, Ali Bramson yang dikutip dari Cnet, Senin (18/2/2019).