Artemis, Nama Misi Bulan Terbaru NASA

Dini Listiyani ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 06:00 WIB
Artemis, Nama Misi Bulan Terbaru NASA

Badan antariksa Amerika Serikat NASA berencana membawa manusia ke bulan lagi. (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA, iNews.id - Badan antariksa Amerika Serikat NASA berencana membawa manusia ke bulan lagi. Kini, badan antariksa ini telah memiliki nama misinya yakni Artemis.

NASA mengonfirmasi nama untuk program bulan barunya melalui channel media sosial (medsos). Mereka yang cukup menyukai mitologi Yunani pasti mengetahui Artemis.

Artemis adalah saudara kembar Apollo dan dewi bulan. Ini mengisyaratkan kemungkinan misi NASA mengirim wanita pertama ke bulan. Langkah ini akan menjadi sejarah baru.

"Kantor astronot kami sangat beragam dan berkualitas. Saya pikir sangat indah 50 tahun setelah Apollo, program Artemis akan membawa pria berikutnya -dan wanita pertama- ke bulan," kata Administrator NASA Bridenstine, dikutip dari Ubergizmo, Kamis (16/5/2019).

Selain dikenal sebagai dewi bulan, Artemis juga diketahui sebagai dewi perburuan dan Orion adalah teman setia dalam berburu. Maka kebetulan kecil pesawat luar angkasa serba guna yang dikembangkan NASA sekarang juga disebut Orion.

Seperti diketahui, misi Artemis bertujuan untuk menandai kembalinya Amerika ke permukaan bulan. Misi tersebut rencananya berlangsung pada 2024.

Sebelum misi pada 2024, NASA berhasil membawa manusia ke bulan melalui Apollo 11. Bersama Apollo 11, Neil Armstrong berhasil menginjakkan kaki ke bulan.


Editor : Tuty Ocktaviany

TAG : science