Asteroid Seluas 14 Meter Berpotensi Tabrak Bumi di 2084

Dini Listiyani ยท Minggu, 13 Oktober 2019 - 06:01 WIB
Asteroid Seluas 14 Meter Berpotensi Tabrak Bumi di 2084

Ilustrasi Asteroid (Foto: Theodore R. Kareta)

CALIFORNIA, iNews.id - Sebuah asteroid yang baru ditemukan dimasukkan ke dalam darfar obyek luar angkasa paling berisiko oleh European Space Agency (ESA). Seberapa berbahayakah asteroid tersebut?

"2019 SU3 adalah obyek baru yang masuk ke dalam 10 daftar risiko kami pada akhir September, untuk kemungkinan dampak 1 banding 400 terjadi pada 2084," kata Planetary Defense Office ESA yang dikutip dari Cnet, Minggu (13/10/2019).

Asteroid 2019 SU3 mempunyai selebar 46 kaki atau sekitar 14 meter atau sekitar ukuran Hollywood Sign. Dengan ukuran tersebut, asteroid dapat menyebabkan konsekuensi terbatas bahkan jika terjadi benturan.

Dilaporkan Metro, asteroid diperkirakan akan datang dalam jarak 73.435 mil dari Bumi. Asteroid mempunyai peluang sekitar 385 kali untuk menabrak Bumi pada 16 September 2084.

Tapi usai penemuan awal dan pengamatan lebih lanjut, batu luar angkasa yang baru ditemukan meluncur keluar dari 10 daftar teratas obyek berisiko. Asteroid sekarang menempati posisi 40 di daftar itu.

Asteroid lain yang ditemukan awal tahun ini berada diurutan ke-3 adalah 2019 DS1. Asteroid diperkirakan memiliki lebar 26 meter dan memiliki peluang sedikit lebih barik dari 1 banding 800 untuk mengenai Bumi pada 2082.

Namun, memasukkan asteroid dalam daftar risiko bukan berarti asteroid itu sangat berisiko. Ingat, daftar ini hanya katalog obyek di mana peluang dampak lebih besar dari nol, tapi saat ini semua obyek dalam daftar mempunyai nilai skala Palermo kurang dari -2.

Menurut NASA, skala Palermo kurang dari -2 mencerminkan peristiwa yang kemungkinan tidak ada konsekuensinya. Jadi, untuk saat ini tindakan paling cerdas mungkin adalah pemindaian langit untuk asteroid yang belum pernah dilihat.