Astronom Temukan Pembentukan Bintang Bayi

Okezone ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 21:07 WIB
Astronom Temukan Pembentukan Bintang Bayi

Astronom temukan pembentukan bintang bayi (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Para astronom untuk pertama kalinya mengamati sabuk konveyor literal gas yang bergerak dari awan induk di pinggiran wilayah pembentuk bintang yang padat. Uniknya, astronom juga menemukan pembentukan bintang bayi.

Ada banyak proses rumit yang terjadi di awan-awan, mengutip IFLScience. Dilansir dari Nature Astronomy, para peneliti melacak "steamer" gas dari dekat dua bintang sampai sejauh satu hari cahaya (kira-kira 10.500 kali jarak Bumi-Matahari).

Temuan menunjukkan gas dari awan mengalir ke cakram bahan yang mengelilingi bintang-bintang bayi ini. Streamer yang diamati berada di sekitar sistem yang disebut Per-emb-2 (IRAS 03292 + 3039) di awan molekul Perseus, sekitar 1.000 tahun cahaya.

Dengan menggunakan model teoritis, menunjukkan bahan ini hanya jatuh bebas menuju daerah di mana bintang dilahirkan. Para peneliti juga terkejut dengan ukurannya, antara 0,1 hingga 1 kali massa Matahari. Sebagai perbandingan, bagian yang ada di awan-awan ini adalah sekitar tiga kali massa Matahari.

“Komposisi kimiawi dari disk protoplanet yang tumbuh dan berkembang juga akan dipengaruhi oleh fenomena baru ini,” jelas Dr Paola Caselli, direktur MPE dan bagian dari tim.

Menurutnya, Molekul akan menunjukkan streamer memiliki tiga atom karbon (HCCCN), yang kemudian tersedia untuk memperkaya kimia organik (dalam perjalanan menuju senyawa pra-biotik) selama fase perakitan planet. Dari pengamatan ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana sistem planet dapat terbentuk.