Astronom Temukan Pola Aneh di Awan Venus, Ini Penjelasannya

Dini Listiyani ยท Minggu, 13 Januari 2019 - 06:01 WIB
Astronom Temukan Pola Aneh di Awan Venus, Ini Penjelasannya

Venus (Foto: NASA)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Para ilmuwan telah menemukan pola garis misterius yang melintasi di awan Venus. Penemuan ini memberikan wawasan baru soal kondisi brutal dan iklim di planet dekat Matahari ini.

Berdasarkan pemodelan komputer canggih, tim berpikir udara bergerak yang disebabkan oleh aliran jet kutub mirip dengan yang ada di Bumi bisa bertanggung jawab atas pola aneh yang membentang sekitar 10.000km. Pola perlahan mulai terlihat berkat teknologi pemindaian infrared di probe luar angkasa Akatsuki.

"Di sini kami berhasil, untuk pertama kalinya, dalam mereproduksi pola-pola struktur lapisan yang diamati sebagai wilayah dengan aliran kuat ke bawah yang berkembang dalam simulasi global resolusi tinggi atmosfer Venus," kata tim peneliti yang dikutip dari Science Alert, Minggu (12/1/2019).

Venus dan Bumi memiliki atmosfer yang berbeda yakni udara beracun, hujan asam sulfat, dan suhu panas yang membuat pendaratan pesawat luar angkasa di Venus sangat sulit. Selain itu, ada angin timur dengan high-altitude 350 km per jam melanda seluruh Venus di luar angkasa, sekitar empat hari di Bumi.

Pola garis-garis raksasa yang dirinci di sini bisa memberitahu informasi yang lebih banyak soal apa yang terjadi di atmosfer secara keseluruhan. Studi terbaru ini menambahkan tingkat detail baru dan penjelasan yang masuk akal soal penyebabnya.

Para ilmuwan menggunakan pemodelan komputer canggih untuk mencocokkan pola awan dengan data uji dan menyimpulkan, perbedaan suhi dan tekanan udara, serta angin rotasi kuat menyebabkan efek goresan.

Pola goresan seperti di Venus sebelumnya tidak pernah terliha di Bumi. Seperti diketahui, planet dekat Bumi ini akan tetap menjadi subyek yang menarik untuk dipelajari bagi para astronom, entah itu mencaritahu pola medan di permukaan atau memetakan angin kacau yang muncul saat Matari terbenam.