Astronot Berhasil Kendalikan Rover dari Jarak Jauh untuk Mengumpulkan Sampel Batu

Dini Listiyani ยท Sabtu, 30 November 2019 - 08:30 WIB
Astronot Berhasil Kendalikan Rover dari Jarak Jauh untuk Mengumpulkan Sampel Batu

Rover ESA (Foto: ESA)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Astronot berhasil menavigasikan rover untuk mengumpulkan sampel batu dari International Space Station (ISS). Keberhasilan tersebut disampaikan oleh European Space Agency (ESA).

ESA mengumumkan astronot Luca Parmitano berhasil menavigasikan rover melalui jalur penuh rintangan untuk mengumpulkan sampel batu. Jalur rintangan itu sendiri terletak di Belanda di mana tes berlangsung. 

“Kami sedang mengembangkan sistem bagi astronot bekerja bahu-membahu dengan robot untuk pencapaian lebih dibanding yang bisa dilakukan sendiri. Rover di Mars akan membutuhkan waktu berminggu-minggu melakukan pekerjaan yang sama seperti Luca lakukan dan rover Analog-1 melakukannya dalam waktu setengah jam,” kata Project Manager ESA Kjetil Wormnes yang dikutip dari Slash Gears, Sabtu (30/11/2019).

Analog-1 adalah nama rover yang dioperasikan sebagai bagian dari tes ini. ESA mengatakan butuh Luca dan Analog-1 kurang dari 30 menit untuk menyelesaikan pemeriksaan penuh teknologi dari ISS, yang berputar di sekitar Bumi 28.000 km/jam.

Guna membantu proses kontrol, ESA mengatakan teknologinya melibatkan ‘force feedback’ yang memungkinkan operator manusia merasakan gerakan yang dirasakan rover. Joystick dibutuhkan untuk kontrol jarak jauh fitur rover motion enam derajat, memasangkan pemikiran cepat, dan kemampuan penilaian manusia dengan jarak travel serta investigasi dari hardware.

Dalam kasus ini, ISS dimaksudkan untuk mensimulasikan kontrol rover dari Gateway Bulan yang direncanakan dan outpost luar angkasa masa depan lainnya. Supaya hasilnya lebih baik, tes tambahan sistem direncanakan untuk waktu dekat. 

Rover adalah teknologi utama untuk menjelajah planet, Bulan, dan bahkan asteroid besar. NASA saat ini memiliki dua rover sendiri yang beroperasi di Mars dan berencana untuk segera meluncurkan yang lainnya dalam waktu dekat. 

NASA dan perusahaan swasta lainnya telah bekerja menciptakan rover mereka sendiri untuk misi luar angkasa lain di masa depan. Rover menampilkan berbagai instrumen yang digunakan untuk mempelajari permukaan benda langit, sistem power, dan komunikasi yang memungkinkan manusia mengelolanya dari Bumi.


Editor : Dini Listiyani