China Bersiap Meluncurkan Roket Baru Lagi, Dinamakan Smart Dragon 3

Dini Listiyani ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 09:17:00 WIB
China Bersiap Meluncurkan Roket Baru Lagi, Dinamakan Smart Dragon 3
China Bersiap Meluncurkan Roket Baru Lagi (Foto: China Rocket)

JAKARTA, iNews.id - China terus meningkatkan pilihannya untuk meluncurkan satelit kecil dengan roket baru yang disebut Smart Dragon 3, yang diharapkan akan terbang untuk pertama kalinya dalam waktu dekat.  

Smart Dragon yang juga dikenal sebagai Jielong 3, minggu lalu berhasil lulus uji pemisahan fairng payload dan kini telah memasuki fase uji terbang untuk misi pertamanya. Hal ini disampaikan pengembangnya, China Rocket Co. Ltd. 

Dikutip dari Space.com, Smart Dragon 3 akan mampu mengirimkan muatan 3.300 pon ke orbit sinkron Matahari setinggi 310 mil. Roket hemat biaya dan sangat mudah beradaptasi juga akan mampu meluncurkan hingga 20 satelit sekaligus.  

China Rocket Co. Ltd. adalah spin-off dari China Academy of Launch Vehicle Technology (CALT), dan Smart Dragon 3 berbahan bakar padat empat tahap akan digunakan untuk meluncurkan satelit untuk pelanggan komersial. 

Anehnya, roket itu mirip dalam penampilan dan kemampuan  Lijian 1 yang baru-baru ini diluncurkan, dari CAS Space, di mana mengirim enam satelit ke orbit dengan penerbangan pertamanya pada 27 Juli. Pasangan ini adalah roket padat paling kuat untuk peluncuran orbital yang telah dikembangkan China sejauh ini. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda