Curiosity Abadikan Objek Mengkilap di Mars

Dini Listiyani ยท Senin, 03 Desember 2018 - 06:01 WIB
Curiosity Abadikan Objek Mengkilap di Mars

Curiosity abadikan gambar objek mengkilap di Mars. (Foto: Slash Gears)

CALIFORNIA, iNews.id - Rover Mars Curiosity mendeteksi sesuatu yang menarik di Planet Merah. Rover yang menjelajah Mars sejak 2012 ini mendeteksi empat batu, salah satunya atipikal mulus dan berkilau.

Beberapa hari lalu, Curiosity menyambut kedatangan rover InSight. Setelah itu, para peneliti NASA menjelaskan, Curiosity mulai bekerja di lokasi pengeboran Highfield Mars, di mana dia akan membuang sampel.

Rover, yang telah menjelajahi Mars sejak 2012, sebelumnya mendeteksi empat batu yang menarik, termasuk satu yang atipikal mulus dan berkilau. Batu diberi nama Little Colonsay dan diyakini sebagai meteroit.

Para ilmuwan hanya akan mengonfirmasi setelah Curiosity menganalisis batu itu. Rover akan mampu memberikan peneliti jawaban tentang sifat baru yang mengkilap melalui instrumen ChemCam-nya, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Senin (3/12/2018).

Menurut update di blog misi Mars Curiosity, rover akan melihat tumpukan sampah menggunakan semua instrumennya, termasuk pengamatan pasif dengan ChemCam. Instrumen itu akan ditugasi dengan melihat empat sampel, dua yang telah ditemukan sebelumnya ialah Little Colonsay dan batu dengan lapisan gelap bernama Flanders Moss.

Peneliti percaya, Little Colonsay merupakan meteorit karena penampilannya yang mengkilat. Tapi, menurut tim, penampilan bisa saja menipu.

Selain kedua batu itu, Curiosity akan mempelajari dua lainnya yang disebut Eildon dan Forres. Kedua sampel ini akan ditambahkan ke database batuan dasar Jura sebelum Curiosity meninggalkan situs Highfield pekan depan.

Ini bukan obyek mengkilap pertama yang ditemukan Curiosity di Mars. Pada 2014, rover Curiosity menemukan batu mengkilap raksasa yang diyakini sebagai meteorit besi.


Editor : Dini Listiyani