Didominasi Asing, Pemerintah Dorong Rintisan Teknologi di Indonesia Mampu Bersaing

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 06 Desember 2022 - 17:43:00 WIB
Didominasi Asing, Pemerintah Dorong Rintisan Teknologi di Indonesia Mampu Bersaing
Perusahaan rintisan teknologi Indonesia diharapkan mampu bersaing di pasar dalam negeri dan internasional. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pelaku industri meningkatkan penguasaan teknologi. Ini ditujukan agar Indonesia mengurangi ketergantungan dari perusahaan asing. 

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan dengan peningkatan teknologi diharapkan industri nasional mampu bersaing di pasar dalam negeri dan internasional. Dukungan pemerintah terhadap pelaku industri salah satunya diwujudkan dalam Penghargaan Rintisan Teknologi Industri (Rintek) 2022. 

“Penghargaan Rintisan Teknologi Industri ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada pelaku industri nasional yang telah konsisten melakukan peningkatan teknologi industri demi meningkatkan produktivitas dan kemandirian industri dalam negeri," ujar Menperin dalam Rintek 2022, Selasa (6/12/2022).

“Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para pelaku industri nasional konsisten mengembangkan daya saing melalui kegiatan penciptaan teknologi industri yang bernilai tinggi,” katanya.

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI), Doddy Rahadi mengungkapkan seleksi penghargaan perusahaan rintisan teknologi undustri 2022 diikuti 29 perusahaan industri atas 43 inovasi teknologi yang dihasilkan. Proses pemberian penghargaan Rintek dilakukan dengan melibatkan juri kompeten di bidang teknologi industri dan dilakukan dengan ketat. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda