Gen Manusia Disuntikan ke Otak Monyet, Hasilnya Jadi Lebih Pintar

Dini Listiyani ยท Rabu, 17 April 2019 - 05:48 WIB
Gen Manusia Disuntikan ke Otak Monyet, Hasilnya Jadi Lebih Pintar

Gen manusia disuntikan ke otak monyet, hasilnya jadi lebih pintar

BEIJING, iNews.id - Para ilmuwan di China telah menyuntikkan gen manusia ke dalam otak monyet untuk pertama kalinya. Penyuntikan ini nantinya akan membuat monyet lebih pintar.

Para peneliti di Kunming Institute of Zoology di China barat daya menanamkan MCPH1, gen yang dianggap memainkan bagian penting dalam perkembangan otak manusia, ke dalam otak 11 monyet kera rhesus.

Hasilnya, sebanyak enam monyet transgenic mati dan lima lainnya berhasil selamat. Kelima monyet terlihat memiliki waktu reaksi lebih pendek dibandingkan yang belum ditanam gen.

Di samping itu, para peneliti mencatat, otak primata juga membutuhkan waktu lebih lama untuk berkembang dan memiliki pola perkembangan yang sama dengan manusia.

"Ini adalah upaya pertama untuk memahami evolusi kognisi manusia menggunakan model monyet transgenik," kata ahli genetika Bing Su dari Kunming Institute of Zoology yang dilaporkan dari Mirror, Rabu (17/4/2019).

Penelitian diterbitkan dalam jurnal National Science Review berbasis Beijing pada 27 Maret dan pertama kali dilaporkan oleh media China awal bulan ini.

"Temuan kami menunjukkan primata bukan manusia yang transgenik (tidak termasuk spesies kera) memiliki potensi untuk memberikan insights penting dan unik tentang pertanyaan mendasar apa yang membuat manusia unik," ujar ilmuwan.

Namun, percobaan telah menuai banyak reaksi dari para ilmuwan di Barat, di mana mereka melihat eksperimen tersebut tidak etis.

"Anda pergi ke Planet of the Apes dalam imajinasi populer. Untuk memanusiakan mereka berarti membahayakan. Di mana mereka akan tinggal dan apa yang akan mereka lakukan? Jangan menciptakan makhluk yang tidak bisa memiliki kehidupan yang bermakna, dalam konteks apa pun," kata ahli bioetika di University of Colorado Jacqueline Glover.

Seorang ahli genetika di University of Colorado James Sikela menambahkan, menggunakan monyet transgenic untuk mempelajari gen manusia yang terkait dengan evolusi otak adalah jalan yang sangat berisiko untuk diambil.