Ilmuwan Ciptkan Mata Cyborg Menyerupai Aslinya

Dini Listiyani ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 20:07 WIB
Ilmuwan Ciptkan Mata Cyborg Menyerupai Aslinya

Mata manusia (Foto: Unsplash)

CALIFORNIA, iNews.id - Prosthetics biasanya tidak bisa meniru 100 persen bagian manusia. Namun, karya ilmuwan di Hong Kong mampu membuat mata mendekati aslinya.

Ilmuwan di Hong Kong University of Science and Technology telah mengembangkan mata cyborg yang dikatakan hampir seperti aslinya. Perangkat prosthetic saat ini memiliki keterbatasan, salah satunya adalah menggunakan objek datar untuk merasakan gambar.

Artinya, perangkat tidak persis sesuai dengan bentuk bola mata manusia. Sebagai hasilnya, bidang penglihatannya lebih sempit dibanding mata manusia, yang memiliki bidang pandang 150 derajat.

Namun, apa yang telah dilakukan para peneliti adalah membuat mata buatan yang meniru aslinya. Desain khusus ini termasuk lensa untuk membantu memfokuskan cahaya, bersama dengan retina hemisferis, sebagaimana dikutip Ubergizmo, Sabtu (23/5/2020).

Di tengah-tengah mata, mereka mengisinya dengan cairan konduktif, mirip dengan mata manusia sebenarnya yang berlubang di tengah dan diisi dengan vitreous humour. Untuk mata itu sendiri terbuat dari aluminium oksida berpori dan diisi kawat nano yang peka terhadap cahaya.

Jadi, saat ada cahaya, material akan mengaktifkan dan mengirimkan sinyal listri. Saat itu, mata membutuhkan sumber daya eksternal, tapi para peneliti percaya mengingat penggunaan kawat nano, ada kemungkinan itu bisa berfungsi ganda sebagai sel surya kecil dan membuat mata mandiri.

 

Editor : Dini Listiyani