Indahnya Penampakan Gundukan Pasir 'Biru' di Mars

Dini Listiyani ยท Minggu, 30 Desember 2018 - 07:01 WIB
Indahnya Penampakan Gundukan Pasir 'Biru' di Mars

Indahnya Penampakan Gundukan Pasir 'Biru' di Mars (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA, iNews.id - Gundukan pasir biru yang memukau di Mars berhasil difoto oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (AS). Gundukan pasir benar-benar muncul berwarna biru di foto yang disempurnakan.

Bukit pasir semacam yang ditangkap oleh NASA baru-baru ini sering menumpuk di dasar kawah Planet Merah. Gundukan khas ini terbentuk di wilayah Lyot Crater dan ditangkap oleh NASA Mars Reconnaissance Orbiter.

Pada dasarnya, gundukan pasir agak keabu-abun dibandingkan biru. Tapi, gundukan pasir tampak berwarna biru dalam gambar disempurnakan yang ditangkap oleh Mars Reconnaissance Orbiter.

Tepat di sebelah selatan bidang bukit pasir klasik ini, ada gundukan besar tambahan dengan struktur yang lebih kompleks. Gundukan tersebut tampaknya terbuat dari bahan yang lebih halus dan atau dengan komposisi yang berbeda dari yang ada di sekitarnya.

Gambar itu ditangkap oleh Mars Reconnaissance Orbiter NASA awal tahun ini. Proyek Mars Reconnaissance Orbiter dikelola oleh Jet Propulsion Laboratory, yang merupakan divisi dari Caltech di Pasadena, California.


Mengutip Ubergizmo, Minggu (30/12/2018), Orbiter baru-baru melihat NASA InSight Lander di permukaan Mars dari luar angkasa.

Editor : Dini Listiyani