Jeff Bezos Ungkap Lunar Lander untuk Misi ke Bulan 2024

Dini Listiyani ยท Minggu, 12 Mei 2019 - 10:01 WIB
Jeff Bezos Ungkap Lunar Lander untuk Misi ke Bulan 2024

Jeff Bezos ungkap Lunar Lander untuk misi ke Bulan 2024 (Foto: Blue Origin)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Jeff Bezos mungkin belum bisa mengalahkan Elon Musk dalam misi ke Mars. Tapi, bos Amazon ini bisa mengalahkan pendiri SpaceX tersebut dalam misi ke Bulan.

Chairman of Amazon dan founder of Blue Origin meluncurkan Blue Moon, lander robotik Bulan yang akan mengangkut persediaan dan bahan bangunan yang dibutuhkan untuk membangun pangkalan Bulan berawak pertama Amerika Serikat (AS). Pada saat yang sama, Bezos juga mengungkap model rover Bulan kecilnya.

"Kendaraan ini menuju ke Bulan," kata Bezos dari Blue Moon saat presentasi eksklusif untuk memilih eksekutif media dan industri luar angkasa yang dikutip dari IBTimes, Minggu (12/5/2019).

Dengan monitor besar yang menampilkan video animasi Blue Moon, Bezos menandai spesifikasi dan kemampuan robot lander-nya. Dia mengungkapkan, Blue Moon telah mengerjakan lander di Bulan selama tiga tahun terakhir.

Bos Amazon ini menggambarkan Blue Moon sebagai lander besar yang bisa mendarat di tanah secara tepat, 3.6 metrik ton di permukaan Bulan. Stretch variant dari Blue Moon bisa mendarat 6,5 metrik ton. Dia mengklaim, alat berat ini bisa mengangkut berbagai muatan, termasuk empat penemu Bulan kecil Blue Origin.

Secara spesifikasi, Blue Moon akan ditenagai oleh mesin hidrogen cair berkinerja tinggi, yang akan banyak membantu saat mendarat di Bulan. Bezos juga mengatakan menggunakan hidrogen cair sebagai bahan bakar akan memungkinkan mereka mendapatkan hidrogen dari air di Bulan untuk mengisi bahan bakar.

Blue Moon akan menggunakan Lidar yang berfungsi mendeteksi fitur permukaan di Bulan agar mendarat dengan aman. Lander ini sendiri bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah AS kembali ke Bulan pada 2024.

"I suka ini. Kami bisa membantu memenuhi timeline tapi hanya karena kami memulai tiga tahun lalu. Sudah waktunya untuk kembali ke Bulan, ini saatnya untuk tinggal," kata Bezos.


Editor : Dini Listiyani