Lander Baru NASA Bakal Memberikan Informasi Bagian Dalam Mars

Dini Listiyani ยท Selasa, 27 November 2018 - 07:01 WIB
Lander Baru NASA Bakal Memberikan Informasi Bagian Dalam Mars

Lander Baru NASA Bakal Menambahkan Daya Tarik Mars (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Mars kedatangan lander NASA baru bernama InSight. Lander diharapkan mampu memberikan tampilan terbaik di bagian dalam Mars untuk para peneliti.

Untuk bisa memberikan gambaran terbaik dari bagian dalam Mars, InSight menggunakan mol mekanis untuk menggali kedalaman 16 kaki. Penggalian tersebut bertujuan untuk mengukur panas internal dan seismometer, serangan meteorit, dan segala pemicu goyangan Planet Merah.

Para ilmuwan menganggap Mars sebagai kapsul waktu yang menggiurkan. Planet Merah ini kurang aktif secara geologis dibanding Bumi dan tetap mempertahankan sebagian besar sejarah awalnya.

Dengan mempelajari jantung Mars, InSight bisa mengajari manusia bagaimana planet berbatu di tata surya ini terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu dan alasannya sangat berbeda dengan yang yang lain, sebagaimana dikutip dari Phys, Senin (26/11/2018).

"Venus cukup panas untuk melelehkan timah. Merkurius memiliki permukaan yang terbakar Matahari. Mars cukup dingin hari ini. Tapi, Bumi merupakan tempat bagus untuk berlibur, jadi kita benar-benar ingin tahun mengapa satu planet berjalan satu arah, planet lain pergi dengan cara lain," kata ilmuwan utama InSight Bruce Banerdt dari Jet Propulsion Laboratory di Pasedena, California.

Saat ini, penduduk Bumi dipancing ke Mars dengan berbagai alasan. Selain itu, Mars cukup mudah dijangkau dan Amerika Serikat (AS) setidaknya memiliki rekam jejak yang terbukti di sana.

"Mencoba memahami bagaimana kehidupan atau didistribusikan ke tata surya kita ialah salah satu pertanyaan utama yang kita miliki. Apakah kita sendirian? apakah kita sendirian di masa lalu," kata Glaze.

Dalam dua tahun, NASA akan benar-benar mencari bukti kehidupan mikroba kuno di Mars. Badan Antariksa AS ini akan mengirimkan rover baru ke Mars pada 2020.

Pada Senin, NASA mengumumkan, Jezero Crater sebagai tempat pendaratan yang tepat untuk rover Mars 2020, yang mengumpulkan sampel dan menyimpannya untuk kembali ke Bumi pada 2030-an.

Danau kuno dan sistem sungai kawah penuh dengan bebatuan yang beragam, sehingga menjadikannya tempat yang potensial untuk kehidupan masa lalu.

Editor : Dini Listiyani