Lander NASA Deteksi Suara Gemuruh Aneh di Bawah Permukaan Mars

Dini Listiyani ยท Minggu, 06 Oktober 2019 - 05:17 WIB
Lander NASA Deteksi Suara Gemuruh Aneh di Bawah Permukaan Mars

Lander NASA deteksi suara gemuruh aneh di bawah permukaan Mars (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Lander NASA InSight telah menangkap serangkaian suara gemuruh aneh di bawah permukaan Mars. Para ilmuwan tengah menyelidiki suara gemuruh itu.

InSight, robot luar angkasa di Mars dilengkapi dengan seismometer yang sangat sensitif bernama Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS). perangkat dapat menangkap geratan sehalus angin dan kencang untuk mendengarkan marsquake.

NASA mengklaim mempelajari bagaimana gelombang seismik gempa ini bergerak melalui interior planet dapat mengungkap struktur bagian dalam Mars. Sejak ditempatkan di permukaan Mars pada 19 Desember 2018, InSight telah mendeteksi sekitar 100 peristiwa, 21 di antaranya dianggap sebagai gempa.

Menurut NASA, sisa peristiwa yang didengar InSight juga bisa merupakan gempa. Kendati demikian, tim sains belum mengesampingkan penyebab lain peristiwa itu.

Gemuruh yang telah terdeteksi sejauh ini menunjukkan kerak Mars seperti campuran kerak Bumi dan Bulan. Mars, dengan permukaan kawahnya, sedikit mirip Bulan, dengan gelombang seismik yang muncul sekitar satu menit.

Sedangkan gempa Bumi, menurut NASA, dapat datang dan pergi dalam hitungan detik. SEIS tidak memiliki masalah mengidentifikasi gempa yang tenang.

Tapi, para ilmuwan harus memfilter banyak noise lainnya. Noise itu mencakup hembusan angin, suara-suara dari kamera di lengan robot InSight, dan bahkan dinks serta donks dari seismometer itu sendiri.

"Sangat menyenangkan mendengar getaran pertama dari lander. Kamu bisa membayangkan apa yang sebenarnya terjadi di Mars saat InSight berada di lanskap terbuka," kata anggota tim sains InSight Constantinos Charalambous yang dikutip dari Mirror, Minggu (6/10/2019).

Bulan lalu, InSight mendeteksi magnetic pulse aneh di medan magnet Mars, mulai sekitar tengah malam waktu setempat. Terkadang, magnetic pulse itu berlangsung hingga dua jam.

Tentu saja pulse aneh itu membingungkan para ilmuwan. Sebab, di Bumi pulse jenis ini cenderung terjadi di garis lintang yang lebih tinggi, tapi InSight saat ini diposisikan dekat khatulistiwa Mars.

Namun, satu teori yang muncul menyebutkan pulse bisa disebabkan oleh bentuk gelembung magnetik Mars, yang diciptakan saat angin Matahari berinteraksi dengan atmosfernya yang tipis.

Editor : Dini Listiyani