Magnet Jenis Baru Ditemukan, Berpotensi untuk Tingkatkan Data Storage

Dini Listiyani ยท Selasa, 12 Februari 2019 - 10:01 WIB
Magnet Jenis Baru Ditemukan, Berpotensi untuk Tingkatkan Data Storage

llustrasi (Foto: Slash Gears)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Sebuah tim fisikawan dari New York University telah menemukan jenis magnet baru. Para fisikawan menyebutkan magnet berbasis singlet.

Magnet berbasis singlet ditemukan dalam senyawa uranium dan antimon yang dikenal USb2. Dan, karena bisa berubah antara magnetize dan unmagnetized dengan cepat dan mudah, magnet memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan penyimpanan data dalam komputer.

Dalam magnet typical, gaya dibuat saat elektron yang biasanya memiliki medan magnetnya sendiri menunjuk ke arah acak menjadi sejajar. Alhasil, mampu menghasilkan medan tunggal yang kuat.

Para ilmuwan menemukan elektron dalam USb2 bisa membuat spin exconon atau partikel khusus yang bisa membentuk dan menciptakan medan magnet yang selaras saat bersatu atau magnet berbasis singlet.

Dengan penelitian mereka yang baru diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, fisikawan telah membuktikan magnet berbasis singlet bisa ada di lingkungan yang stabil, di luar pengaturan eksperimental di mana mereka sebelumnya diamati dalam quick flashes.

Di samping itu, para fisikawan juga menjelaskan bagaimana magnet bisa digunakan untuk meningkatkan komputer dan data storage, seperti dilaporkan Slash Gears, Selasa (11/2/2019).

"Ada banyak penelitian akhir-akhir ini tentang penggunaan magnet dan daya tarik untuk meningkatkan teknologi penyimpanan data. Magnet berbasis singlet memiliki transisi yang lebih mendadak antara fase magnetik dan non-magnetik," kata pemimpin penelitian New York University Andrew Wray.