Main Fortnite di Twitch, Cara Ilmuwan Jelaskan Bahaya Perubahan Iklim

Dini Listiyani ยท Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:01 WIB
Main Fortnite di Twitch, Cara Ilmuwan Jelaskan Bahaya Perubahan Iklim

Main Fortnite di Twitch, Cara Ilmuwan Jelaskan Bahaya Perubahan Iklim (Foto: Twitch)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Fortnite merupakan salah satu game populer yang ada di luar sana. Popularitas tersebut rupanya dimanfaatkan oleh ilmuwan untuk mengajari anak-anak tentang perubahan iklim.

Channel Twitch baru ClimateFortnite menampilkan sesuatu yang sama dengan saluran lainnya. Bedanya, komentar audio tidak hanya berhubungan dengan strategi dan tips Fortnite, tapi juga konsekuensi perubahan planet Bumi.

Kredit ide tersebut ditujukan kepada Katharine Hayhoe dari Texas Tech University, yang men-tweet tentang perbedaan dalam melihat angka antara seminar perubahan iklim di YouTube dan Fortnite stream putranya yang berusia 11 tahun di Twitch. Henri Drake, mahasiswa pascasarjana di MIT menerima tantangan Hayhoe dan akhirnya ClimateFortnite lahir.

"Ini membangun komunitas di mana orang bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit langsung kepada seorang ahli. Untuk topik seperti perubahan iklim akses langsung ke para ahli sangat penting. Aku belum pernah menyiarkan sendiri, tapi aku telah menonton League of Legends di Twitch sejak 2013 dan selalu berpikir untuk melakukan semacam stream pendidikan tentang ilmu iklim," kata Drake yang dikutip dari Science Alert, Kamis (18/10/2018).

Channel sekarang telah memiliki 17 video dan akan terus bertambah, dengan Drake serta co-host mendiskusikan poin penting perubahan iklim dengan para gamer online lainnya.

Meksipun angka viewing relatif rendah untuk saat ini, Drake dan para ilmuwan lain yang bekerja di channel tersebut berharap bisa menarik khalayak yang lebih besar seiring dengan berjalannya waktu. Channel kini bukan hanya tersedia di Twitch tapi juga YouTube.

Usaha para ilmuwan untuk mengajari anak-anak tentang perubahan iklim Bumi ini mendapat sambuatan yang baik dari berbagai pihak.

"Ilmuwan melakukan pekerjaan yang baik untuk berkomunikasi melalui rute tradisional, berbicara dengan wartawan dan pem buat kebijakan, serta menulis. Tapi, tidak semua orang mendengarkan pembuat kebijakan atau membaca op-eds arau mengikuti para ilmuwan di Twitter. ClimateFortnite merupakan cara yang bagus untuk menjangkau orang yang tidak mendapatkan berita dari sumber tradisiona," kata ilmuwan atmosfer Andrew Dessler dari Texas A&M University.


Editor : Dini Listiyani