Mengenal 4 Fakta Menarik Alexander Graham Bell

Dini Listiyani ยท Rabu, 05 Juni 2019 - 10:01 WIB
Mengenal 4 Fakta Menarik Alexander Graham Bell

Mengenal 4 fakta menarik Alexander Graham Bell (Foto: Wikipedia)

JAKARTA, iNews.id - Nama Alexander Graham Bell sudah tidak asing lagi. Dia dikenal sebagai penemu telepon dan menciptakan perangkat lain yang bermanfaat.

Meski Bell memiliki kontribusi yang cukup besar untuk dunia ini, mungkin tidak banyak yang mengetahui kisah hidup atau fakta menarik seputar dirinya.

Oleh karena itu, tim iNews.id mengumpulkan fakta-fakta menarik dari penemu ini agar lebih dekat. Yuk, simak daftarnya sebagai berikut:

1. Bell Membantu Menciptakan Alat Pendeteksi Logam untuk Menemukan Peluru di Tubuh Korban.
Melansir ensiklopedia Britannica, Rabu (5/6/2019), pada 2 Juli 1881, Presiden Amerika Serikat (AS) James Garfield ditembak dua kali di stasiun kereta api di Washington, D.C oleh Charles J. Guiteau. Salah satu peluru Guteau memasuki punggung presiden dan dokter tidak bisa menemukannya.

Profesor Matematika Simon Newcomb dari Observatorium Angkatan Laut AS di Washington, D.C., menyadari logam yang diletakkan di dekat kumparan bermuatan listrik menghasilkan suara yang samar. Dia berpikir alat yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip ini dapat membantu menemukan peluru yang bersarang di presiden.

Newcomb diwawancarai seorang jurnalis mengenai alat pendeteksi logam tersebut. Lalu, Newcomb mencatat dia membutuhkan asisten. Bell membaca cerita di koran lalu menghubungi Newcomb dan menawarkan bantuan.

Newcomb dan Bell bersama-sama membuat beberapa perbaikan pada perangkat Newcomb. Pada akhir Juli, Bell mulai mencari peluru Garfield, tapi tidak berhasil. Meskipun Garfield meninggal pada September, Bell kemudian berhasil mendemonstrasikan perangkat.

Ahli bedah kemudian mengadopsinya dan perangkat digunakan untuk menyelamatkan prajurit yang terluka selama Boer War yang terjadi sekitar 1899-1902 dan World War I pada 1914-1918.

2. Bell Mendanai dan Memimpin Startup Abad ke-19
Bell memiliki passion untuk sains dan teknologi, Dia menggunakan sebagian kekayaannya untuk mendukung journal Science, yang kemudian menjadi publikasi resmi American Association for Advancement of Science. Bell dan yang lainnya mendirikan National Geographic Society pada 1888. Dia berhasil menjabat sebagai presiden organisasi dari 1898 hingga 1903.

3. Bell Membangun Kapal Hydrofoil Cepat
Hydrofoil adalah sirip seperti underwater ski dengan permukaan datar atau melengkung yang mengangkat perahu yang bergerak. Meski desain hydrofoil sudah ada sejak 1861, tapi baru pada 1906 penemu Italia Enrico Forlanini membuat hydrofoil pertama. Lalu, antara 1908-1920 Bell dan manajernya Casey Baldwin mengembangkan hydrofoil tercepat saat itu.

Pada 1908, Bell dan Baldwin berangkat untuk mengembangkan kendaraan yang lebih berat dari air. Mereka kemungkinkan terinspirasi oleh deskripsi prinsi-prinsi dasar hydrofoil dari Scientific American edisi Maret 1906. Pada 1911, HD-1, hyrofoil pertama Bell dan Baldwin memiliki kecepatan hampir 72 km per jam.

Kemudian, pada 1919, setelah beberapa penyempurnaan dan pembangunan dua hydrofoil tambahan, Bell dan Baldwin membangun HD-4, yang meledak di Nova Scotian's Bras d'Or Lake di 114 km per jam.

4. Bell Membuat Perbaikan pada Phonograph.
Phonograph yang disebut sebagai pemutar rekaman juga adalah alat untuk mereproduksi suara dengan menggunakan getaran stylus atau jarum, mengikuti alur pada disk yang berputar. Penemu Amerika Thomas Edison telah diberi penghargaan atas penciptaannya pada 1877.

Phonograph Edison menampilkan silinder yang dibungkus kertas timah sebagai media perekamannya. Setelah itu, Edison pindah ke proyek lain dan penemu lain mulai bekerja untuk meningkatkan phonograph tersebut.

Pada 1885 Bell dan rekan-rekannya memiliki desain yang cocok untuk penggunaan komersial yang menampilkan silinder kardus yang bisa dilepas dilapisi dengan lilin mineral. Peningkatan ini, bersama dengan penambahan stylus yang lebih fleksibel, meningkatkan kualitas suara pemutaran.


Editor : Dini Listiyani