Menggambar, Trik Sederhana untuk Meningkatkan Memori Otak

Dini Listiyani ยท Senin, 14 Januari 2019 - 09:50 WIB
Menggambar, Trik Sederhana untuk Meningkatkan Memori Otak

Ilustrasi (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Menggambar rupanya menjadi cara ampuh untuk mengingat sesuatu dibandingkan menulis atau teknik visual lainnya. Fakta tersebut dimuat dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan University of Waterloo.

Menurut tim dari University of Waterloo di Kanada, menggambar mampu meningkatkan ingatan pada orang dewasa tua dibandingkan teknik studi lainnya yang selama ini diketahui. Untuk penelitian ini, para peneliti mengumpulkan 48 peserta yang berbeda, setengah berusia 20 tahun dan sisanya berumur 80 tahun.

Saat ditunjukkan serangkaian kata, mereka harus menulis kata, menuliskan atribusi fisik yang disarankan, atau menggambar apa yang mewakilinya. Setelah istirahat, para relawan diminta untuk mengingat kata-kata sebanyak mungkin.

Orang dewasa muda lebih mudah mengingat dibandingkan yang lebih tua. Tapi, kedua kelompok lebih mengingat kata-kata yang mereka gunakan untuk menggambarkannya.

"Menggambar gambar merupakan tugas yang sederhana, dan bisa dengan mudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan daya ingat. Misalnya, menggambar beberapa bahan makanan yang perlu kami ambil nanti atau makan yang kamu rencanakan akan menghasilkan informasi yang diingat lebih baik dibandikan ditulis," kata salah satu peneliti Melissa Meade kepada Brittany Wong di Huffpost, sebagaimana dikutip dari Science Alert, Senin (14/1/2018).

Para peneliti berpendapat, menggambar mungkin sangat efektif karena melibatkan banyak cara untuk merepresentasikan informasi yang sama yakni visual, spasial, verbal, semantik, dan motorik. Dengan kata lain, menggambar menjaga lebih banyak bagian otak aktif dan terlibat dalam menyimpan memori tertentu.

Penelitian terbaru ini menindaklanjuti penelitian sebelumnya yang menunjukkan manfaat menggambar pada memori orang dewasa muda. Eksperimen baru ini dirancang untuk menguji apakah hal yang sama bisa berlaku bagi orang dewasa yang lebih tua.

Karena kemampuan penyimpanan informasi manusia cenderung menurun dari waktu ke waktu, ini berarti menggambar bisa menjadi cara untuk mempertahankan kualitas hidup yang baik seiring bertambahnya usia. Para peneliti mengatakan, menggambar bahkan kemungkinan akan membantu pasien demensia.

"Kami berpikir menggambar sangat relevan bagi penderita demensia karena membuat pengguna wilayah otak yang lebih baik masih dipertahankan dan bisa membantu orang yang mengalami gangguan kognitif dengan fungsi memori. Temuan kami memiliki implikasi yang menarik untuk intervensi terapi membantu pasien demensia mempertahankan ingatan episodik yang berharga selama perkembangan penyakit mereka," ujarnya.


Editor : Dini Listiyani