Meteor yang Menabrak Mars Menyebabkan Timbulnya Awan Misterius

Dini Listiyani ยท Rabu, 19 Juni 2019 - 06:10 WIB
Meteor yang Menabrak Mars Menyebabkan Timbulnya Awan Misterius

Meteor yang menabrak Mars menyebabkan timbulnya awan misterius (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Lander Mars NASA InSight dan Curiosity telah banyak melakukan pengamatan pada langit Planet Merah. Meski tidak hujan, tapi Mars memiliki langit berawan yang cukup indah.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Victoria Hartwick, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Colorado Boulder, melihat lebih dekat awan misterius yang terbentuk di atmosfer tengah Mars, yang berjarak sekitar 18 mil di atas tanah.

"Awan tidak hanya terbentuk sendiri. Mereka membutuhkan sesuatu yang bisa mereka padukan," kata Hartwick yang dikutip dari Cnet, Rabu (19/6/2019).

Rahasianya kemungkinan adalah 'meteoric smoke,' debu es yang terbentuk saat batuan luar angkasa terbang ke atmosfer planet. Beberapa ton puing luar angkasa, kata Hartwick, biasanya menabrak Mars setiap hari.

Saat meteor meledak, debu berterbangan. Di Bumi, partikel debu bisa bertindak sebagai benih uang air yang mengembun di sekitar untuk membentuk awan. Untuk, memahami lebih dekat, para peneliti menjalankan simulasi komputer dari atmosfer Mars.

Awan muncul dalam simulasi saat tim memasukkan meteor dalam perhitungan. Tim menerbitkan temuannya ini di jurnal Nature Geoscience.

Dengan memahami awan Mars, ilmuwan bisa mendapatkan banyak informasi mengenai bagaimana atmosfernya berinteraksi dengan iklimnya sambil memberitahu masa lalunya yang lebih hangat dan basah.

Editor : Dini Listiyani