MRO NASA Abadikan Bukit Pasir Mars Membentuk Huruf T dan V

Dini Listiyani ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 09:36 WIB
MRO NASA Abadikan Bukit Pasir Mars Membentuk Huruf T dan V

MRO mengambil sebuah gambar landskap di bukit pasir dalam bentuk T dan V. (Foto: Cnet)

CALIFORNIA, iNews.id - Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA menangkap gambar lanskap yang tertutup di bukit pasir membentuk T dan V pada Februari lalu. Tapi, tim baru mengungkapkannya sekarang.

MRO mengambil sebuah gambar landskap di bukit pasir dalam bentuk T dan V. MRO mengambil gambar pada Februari, tapi tim HiRise baru menyorotnya belum lama ini dan mencatat formasi terlihat seperti bentuk corong, sebagaimana dikutip dari Cnet, Rabu (5/12/2018).

Penampakan alfabetis ialah contoh bagus dari pareidolia, kecenderungan manusia untuk melihat pola yang dikenal dalam bentuk yang tidak berhubungan.

Mars yang berangin dan berdebu merupakan rumah bagi beberapa gundukan pasir eksotis. MRO mengambil setumpuk gundukan-gundukan seperti cacing pada 2017.

Penampilan khas tersebut didapat dari paparan angin yang dikombinasikan dengan sudut matahari pada saat MRO menangkap gambar.

Pandangan yang lebih luas dari gundukan bidang T dan V menunjukkan penyebaran yang mengesankan, dengan banyak penghubung satu sama lain. Ini bukan pertama kalinya Mars mencoba berkomunikasi dengan manusia.

Gambar MRO 2016 menunjukkan, satu set bukit pasir gelap yang tampak mirip kode Morse. Salah satu kumpulan bukit pasir akan menjadi awal yang baik untuk memulai cerita fiksi ilmiah, tapi bukan tanda kehidupan alien cerdas di Planet Merah.


Editor : Tuty Ocktaviany