NASA Akan Gunakan Roket Komersial untuk Misi Bulan Selanjutnya

Dini Listiyani ยท Jumat, 15 Maret 2019 - 06:05 WIB
NASA Akan Gunakan Roket Komersial untuk Misi Bulan Selanjutnya

NASA akan menggunakan roket komersial untuk misi bulan mendatang. (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA, iNews.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) NASA akan menggunakan roket komersial untuk misi bulan mendatang. Kemungkinan tersebut diungkapkan oleh administrator NASA Jim Bridenstine.

Kendaraan komersial yang akan digunakan NASA untuk misi bulannya adalah Orion. Orion merupakan kendaraan kru NASA mendatang dan penerbangannya, yang dijuluki sebagai Exploration Mission-1 dijadwalkan meluncur Juni 2020.

Sebelum terbang, Orion tentu perlu diuji terlebih dulu. Tes pertama direncanakan sebagai uji uncrewed dan melibatkan pengiriman kendaraan kru di sekitar bulan selama enam hari.

Sebelumnya diyakini misi bulan akan menandai debut Space Launch System atau SLS, roket berat NASA. Namun karena masalah produksi dan pembengkakan biaya yang berkelanjutan dengan program SLS, tanggal peluncuran EM-1 mundur beberapa kali.

Agar misi bulan ada perkembangan, pemerintah tampaknya bersedia mengirim misi dengan roket komersial. Namun, keputusan tegas belum dibuat dan akan diputuskan dalam beberapa pekan ke depan, seperti dilansir Ubergizmo, Jumat (15/3/2019).

Seperti diketahui, satu-satunya roket angkat berat yang beroperasi saat ini yang mampu mendukung rudal adalah Falcon Heavy dari SpaceX. Selain itu, ada juga roket dari ULA yakni Delta IV.


Editor : Tuty Ocktaviany