NASA Cari Mitra untuk Membantu Mendaratkan Astronot di Bulan

Dini Listiyani ยท Senin, 11 Februari 2019 - 06:01 WIB
NASA Cari Mitra untuk Membantu Mendaratkan Astronot di Bulan

Bulan (Foto: Slash Gears)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA berencana untuk mengirim astronot kembali ke Bulan. Badan antariksa Amerika Serikat (AS) ini sedang mencari mitra untuk mengembangkan sistem yang bisa digunakan sebagai lander astronot di Bulan.

Di bawah Space Policy Directive-1, NASA akan bekerja dengan perusahaan-perusahaan AS dalam mengembangkan sistem yang bisa digunakan untuk membawa astronot ke permukaan Bulan. Jika semuanya berjalan sesuai jadwal, NASA berencana untuk mulai menguji landers ini di Bulan pada 2024.

Sebelum waktunya tiba, NASA perlu bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk menemukan cara terbaik membawa manusia ke Bulan. NASA sebelumnya telah menjelaskan ambisi Gateway-nya, sejenis pesawat luar angkasa yang akan berfungsi sebagai rumah sementara bagi astronot yang melakukan perjalanan antara Bumi dan Bulan.

NASA membayangkan Gateway menampilkan berbagai ruang, termasuk laboratorium, tempat tinggal, area penelitian, dan beberapa docking port. Baik NASA dan mitranya bisa menggunakan Gateway untuk berbagai misi, termasuk yang melibatkan robot dan manusia.

Pada saat ini, NASA meminta perusahaan Amerika untuk mempelajari cara mendaratkan astronot di Bulan dan mengembangkan teknologi secepat mungkin, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Senin (11/2/2019).

Pekerjaan tersebut bisa mencakup teknologi masa depan yang potensial. NASA berencana untuk mendanai pengembangan dan demonstrasi lander Bulan ini dengan mendukung berbagai aspek pekerjaannya.


Editor : Dini Listiyani