Peneliti Deteksi Black Hole Menelan Bintang dan Memuntahkan X-Ray

Dini Listiyani ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 06:01 WIB
Peneliti Deteksi Black Hole Menelan Bintang dan Memuntahkan X-Ray

Black hole (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Para astronom mendapat kesempatan untuk mempelajari evolusi black hole atau lubang hitam. Kesempatan itu didapat setelah pesawat luar angkasa mendeteksi ledakan energi X-ray dari black hole yang menelan material bintang.

Pada 11 Maret, ledakan x-ray besar terdeteksi oleh instrumen di International Space Station (ISS). Para ilmuwan menemukan ledakan emisi x-ray yang tumbuh menjadi enam kali lebih terang dari Crab Nebula dan berjarak sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.

Baca Juga:  Astronom Amati Black Hole Makan Menggunakan Medan Magnet

Ledakan terjadi saat black hole melahap sejumlah besar gas dan debu dari bintang terdekat, sehingga menyebabkannya melepaskan semburan energi x-ray. Black hole diberi sebutan MAXI J1820+070, dinamai sesuai instrumen yang pertama kali mendeteksinya.

Instrumen pertama yang mendeteksinya ialah misi Monitor of All-sky X-ray (MAXI). MAXI terdiri atas satu set detektor x-ray yang dipasang di Japanese Experiment Module of ISS, sebagaimana IBTimes, Sabtu (12/1/2019).

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature, para astronom MIT mengungkapkan pengamatan dan temuan mereka dari peristiwa kosmik ini. Mereka tampaknya mendeteksi gema dalam ledakan x-ray yang membantu mereka menemukan apa yang terjadi selama ledakan.