Peneliti Garap Masker yang Bisa Bunuh Virus Corona

Dini Listiyani ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 09:04 WIB
Peneliti Garap Masker yang Bisa Bunuh Virus Corona

Peneliti kembangkan masker wajah yang bisa bunuh virus (Foto: YouTube)

CALIFORNIA, iNews.id - Masker wajah disarankan dipakai saat berada di tempat umum. Pasalnya, masker bisa membantu mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19) lebih lanjut.

Sayangnya, semua hanya bersifat sementara. Namun, berkat kerja keras para peneliti, ada solusi yang lebih permanen untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Menurut laporan, para peneliti dari University of Kentucky tengah mengerjakan masker wajah yang bisa membunuh atau menetralkan virus setelah kontak. Bagaimana cara masker mencegah penyebaran virus?

Dikutip dari Ubergizmo, Selasa (19/5/2020), masker membuat filter antara hidung dan mulut serta udara luar tempat virus berada. Filter dalam masker, dengan asumsi mereka adalah tipe yang benar, akan memiliki lubang sangat kecil bagi virus untuk masuk ke dalam sistem pernapasan penggunanya.

Namun, dengan masker yang sedang dikembangkan, peneliti tidak hanya akan mencegah virus tapi juga membunuhnya saat menyentuh masker itu sendiri.

“Novel coronavirus ini tercakup dalam lonjakan protein-s klub yang berbentuk seperti mahkota atau penampilan koronal. Paku protein juga memungkinkan virus memasuki sel inang begitu di dalam tubuh. Membran baru ini akan mencakup enzim proteolitik yang akan menepel pada lonjakan protein dari coronavirus dan memisahkannya, membunuh virus,” kata Profesor teknik kimia Dibakar Bhattachyaryya.

Masker saat ini sedang dalam pengembangan. Menurut Bhattachyaryya, dia kemungkinan membutuhkan sekitar enam Bulan untuk menyelesaikan pengembangan sebelum beralih ke manufaktur.

 

Editor : Dini Listiyani