Persiapan Misi SpaceX Crew-5 Terganggu karena Badai Ian

Dini Listiyani ยท Senin, 26 September 2022 - 13:35:00 WIB
Persiapan Misi SpaceX Crew-5 Terganggu karena Badai Ian
Persiapan Misi SpaceX Crew-5 Terkena Dampak Badai Ian (Foto: NASA/Twitter)

JAKARTA, iNews.id - Badai tropis Ian menciptakan tantangan bagi perencana misi NASA. Selain berpotensi menunda penerbangan roket SLS, badai juga memengaruhi SpaceX

Ian mengganggu persiapan misi Crew-5 SpaceX ke stasiun luar angkasa. Prakiraan cuaca meresahkan telah mendorong tim misi untuk menunda rencana membawa kru ke Kennedy Space Center pada Senin, 26 September. 

Dengan NASA belum memutuskan tanggal baru untuk kedatangan mereka, tanggal peluncuran target saat ini Senin, 3 Oktober, bisa tertunda lagi, sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

"Kedatangan astronot NASA dan SpaceX Crew-5 ke Kennedy Space Center di Florida telah tertunda karena tim misi memantau Badai Tropis Ian," kata NASA dalam sebuah tweet, menambahkan bahwa tanggal kedatangan baru akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.

Sebagai bagian dari Crew-5, astronot NASA Nicole Mann dan Josh Cassada, bersama dengan Koichi Wakata dari JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency), dan Anna Kikina dari badan antariksa Roscosmos Rusia akan menghabiskan sekitar enam bulan di atas pos orbit, mengerjakan sains dan demonstrasi teknologi serta melakukan kegiatan pemeliharaan dan peningkatan.

Bagi Mann, Cassada, dan Kikina, ini akan menjadi perjalanan pertama mereka ke luar angkasa. Wakata, sementara itu, telah melakukan empat misi orbit. Yang pertama terjadi pada 1996. Sedangkan perjalanan terbaru pada 2013.

Astronot Jepang memiliki tiga wahana Pesawat Ulang-alik dan satu perjalanan Soyuz, jadi, seperti tiga awaknya, akan bepergian dengan kapsul SpaceX's Crew Dragon untuk Pertama kali.

Misi Crew-5 akan menjadi penerbangan awak kedelapan SpaceX sejak yang pertama pada musim panas 2020. Misi Crew-5 adalah yang ketujuh ke stasiun luar angkasa. Penerbangan awak lainnya melibatkan misi sipil pertama yang mengorbit Bumi selama beberapa hari tanpa berlabuh di ISS.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda