Rencana Baru NASA Tangani Asteroid yang Dekati Bumi

Dini Listiyani ยท Sabtu, 23 Juni 2018 - 13:17 WIB
Rencana Baru NASA Tangani Asteroid yang Dekati Bumi

Rencana Baru NASA Tangani Asteroid Mendekati Bumi (Foto: ESA)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA membeberkan rencana Amerika Serikat (AS) dalam menangani objek dekat Bumi atau dikenal NEO. Seperti apa rencana tersebut?

NEO merupakan komet atau asteroid yang diketahui peneliti memiliki orbit dalam 30 juta mil dari Bumi. Dampak dari batuan luar angkasa yang besar bisa mengakibatkan bencana alam dengan efek luas dan parah.

Untungnya, para ahli tidak melihat alasan apa pun untuk khawatir tentang dampak semacam itu pada saat ini. Tapi, bukan berarti manusia tidak mempersiapkan masa depan mereka.

NASA bekerja sama dengan Federal Emergency Management Agency and Office of Science and Technology Policy untuk membantu membuat laporan 20 halaman yang disebut The National Near-Earth Object Preparedness Strategy and Action Plan.

Menurut Badan Antariksa AS itu, dokumen ini mengatur dan mengkoordinasikan upaya di antara agen-agen federal dalam menangani NEO pada dekade berikutnya.

Berbagai peneliti, organisasi, tim, dan agensi telah mengajukan konsep untuk cara menghilangkan atau mengalihkan NEO yang terlalu dekat, termasuk tool yang akan mengubah orbitnya, seperti dilaporkan iNews.id dari Slash Gears, Sabtu (23/6/2018).

Secara keseluruhan, pemerintah telah mengidentifikasi lima tujuan utama yang terkait dengan pengurangan risiko dampak NEO, termasuk meningkatkan kemampuan untuk mendeteksi dan melacaknya, mengembangkan cara untuk membelokkan, membangun protokol darurat, tindakan atas dampak NEO, dan meningkatkan kerja sama dengan lembaga internasional.


Editor : Dini Listiyani