Sejumlah Video Game Ternyata Mampu Meningkatkan Kreativitas

Dini Listiyani ยท Kamis, 11 Juli 2019 - 06:27 WIB
Sejumlah Video Game Ternyata Mampu Meningkatkan Kreativitas

Sejumlah video game ternyata mampu meningkatkan kreativitas (Foto: Slash Gears)

CALIFORNIA, iNews.id - Memainkan beberapa jenis video game ternyata bisa meningkatkan kreativitas seseorang. Temuan terungkap berkat studi baru dari Iowa State University.

Melansir Slash Gears, Kamis (11/7/2019), para peneliti mengamati game seperti Minecraft yang populer dikalangan pencinta permainan. Mereka menemukan para pemain mengalami peningkatan di kemudian hari.

Namun, ada pengecualian di antara para pemain ini, yang menunjukkan tidak semua gameplay sama. Minecraft mendorong kreativitas dengan memberikan player kanvas kosong di mana sejumlah struktur bisa dibangun di sana.

Bermain game ditemukan meningkatkan kemampuan peserta studi untuk memikirkan makhluk alien kreatif, dengan satu pengecualian yakni peserta yang diminta memainkan game skor kreatif lebih rendah dibanding partisipan yang hanya diizinkan bermain tanpa instruksi.

Peningkatan kreativitas tidak terbatas hanya pada Minecraft dan bisa dikaitkan dengan video game apapun yang mendorong kreatif tingkat tinggi di antara para player. Para peneliti menunjukkan, banyak video game yang menyertakan setidaknya beberapa elemen minor yang membutuhkan kreativitas, seperti mendorong player untuk menyesuaikan karakter.

Sayangnya, tidak dijelaskan alasan peserta studi yang diminta untuk menjadi kreatif dalam game justru kurang kreatif di kemudian hari. Penulis utama studi Jorge Blanco-Herrera mengatakan, para player pada akhirnya mungkin membatasi tindakan mereka dalam game sebagai hasil dari mencoba menjadi kreatif.

"Mungkin juga mereka menggunakan semua 'creative juices' saat bermain, dan tidak ada yang tersisa ketika menyelesaikan tes," katanya.


Editor : Dini Listiyani