Studi: Laser Bisa Digunakan untuk Kirim Sinyal ke Alien

Dini Listiyani ยท Jumat, 09 November 2018 - 06:05 WIB
Studi: Laser Bisa Digunakan untuk Kirim Sinyal ke Alien

Studi: Laser Bisa Digunakan untuk Kirim Sinyal ke Alien (Foto: MIT)

CALIFORNIA, iNews.id - Astronom dan peneliti telah melakukan upaya untuk mencari kosmos alien pintar selama beberapa dekade. Kini, peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengusulkan cara lain untuk menemukan alien.

Sebuah studi terbaru dari MIT mengusulkan menggunakan laser bertenaga tinggi untuk mengirim sinyal ke luar angkasa. Pada dasarnya, cara ini untuk mengumumkan keberadaan manusia kepada siapa saja yang mungkin sedang mencari.

"Jenis-jenis laser dan teleskop yang sedang dibangun hari ini bisa menghasilkan sinyal yang dapat dideteksi, sehingga seorang astronom bisa melihat bintang kami dan sesuatu yang tidak biasa tentang spektrumnya. Saya tidak tahu apakah makhluk cerdas di sekitar matahari akan menjadi tembakan pertama mereka, tapi pasti akan menarik perhatian lebih lanjut," tulis mahasiswa pascasarjana di MIT Depertment of Aeronautics and Astronautics James Clark.

Penelitian ini keluar pada Senin lalu dalam The Astrophysical Journal. Penelitian menunjukkan laser 1 hingga 2 megawatt bisa diarahkan melalui cermin teleskop besar seperti Thirty Meter Telescope.

Selanjutnya, laser ditembak ke angkasa untuk menghasilkan mercusuar skala planet. Jika sinyal itu dilihat oleh beberapa bentuk kehidupan cerdas di luar angkasa dalam sistem bintang di dekatnya, seperti Proxima Centauri dari Trappist-1, maka laser berpotensi digunakan sebagai sarana pengiriman pesan singkat melalui pulses seperti kode Morse.

"Jika kami berhasil mendekati kesepakatan dan mulai berkomunikasi, kami bisa mengirimkan pesan pada kecepatan data sekitar beberapa ratus bit per detik yang akan sampai di sana hanya dalam beberapa tahun," kata Clark.

Tentu saja beberapa pesan yang ditujukan untuk orang asing potensial telah dipancarkan ke luar angkasa sejak munculnya teknologi penyiaran. Kebanyakan dikodekan dalam gelombang radio, tapi tidak ada yang dikirim menggunakan laser berkekuatan super tinggi.

Tak semua orang setuju membangun suar universal bertenaga laser untuk semua peradaban manusia merupakan ide yang bagus. Ahli kosmologis terkenal Stephen Hawking memperingatkan manusia harus waspada terhadap peradaban alien maju di planet luar angkasa yang bisa dihuni.