Teknologi di Fiksi Ilmiah yang Menjadi Nyata, Salah Satunya Video Call

Dini Listiyani ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 14:09 WIB
Teknologi di Fiksi Ilmiah yang Menjadi Nyata, Salah Satunya Video Call

Ilustrasi (Foto: WhatsApp)

JAKARTA, iNews.id - Fiksi ilmiah memperkenalkan manusia dengan dunia yang futuristik. Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak gagasan yang diprediksi dalam fiksi ilmiah kini telah menjadi kenyataan.

Beberapa prediksi seperti mobil self-driving, masih dalam tahap awal. Tapi, para ilmuwan dan engineer telah mencapai banyak milestones lain yang pertama kali dijelaskan dalam fiksi, seperti membawa orang ke Bulan.

Selain itu, masih banyak lagi gagasan dalam fiksi ilmiah yang menjadi kenyataan sebagaimana dirangkum iNews.id dari Science Alert, Sabtu (12/1/2019).

1. Mendarat di Bulan
Pada 1865, penulis Jules Verne merilis From Earth to the Moon yang menggambarkan misi tiga orang Amerika meluncurkan pesawat luar angkasa dan mendarat di Bulan. Bagian dari noval itu mirip dengan pendaratan di Bulan pertama yang terjadi 104 tahun kemudian.

2. Ponsel Flip
Perangkat Communicator di Star Trek pertama kali ditampilkan pada 1966 tampak mirip ponsel flip. Meksipun para engineer berupaya mengembangkan teknologi ini pada 1960-an, ponsel semacam ini baru debut pertama kali pada1973.

10 tahun kemudian, pada 1983, telepon seluler Motorola memasuki pasar. Perangkat itu berukuran besar, berat, dan mahal. Tapi, Motorola terus melakukan perbaikan untuk beberapa tahun ke depan. Ponsel flip pertama perusahaan, dirilis pada 1989, mirip dengan perangkat Star Trek.

3. 3D Hologram
3D Hologram telah ditampilkan dalam sci-fi selama beberapa dekade. Pada 2017, sebuah perusahaan Australia mengklaim berhasil menghasilkan meja hologram seperti di film Star Wars.

Di dalam film, princess Leia meminta bantuan Luke Skywalker menggunakan pesan holografik dalam film Star Wars 1977. Sejak itu, para ilmuwan berupaya mengubah teknologi ini menjadi kenyataan.

4. Baju Iron Man
Setelan Iron Man menjadi perbincangan sejak pertama kali muncul di Marvel Comics. Orang-orang tidak akan bisa terbang mengenakan baju Iron Man dalam waktu dekat, tapi milier Amerika Serikat (AS) sedang mengembangkan pakaian berteknologi tinggi yang akan mencerminkan beberapa kemampuan hero Marvel tersebut.

5. Video Call
Video calling paling sering dilakukan melalui platform seperti Skype dan FaceTime. Namun, tahukah Anda, bahkan teknologi ini pernah ditampilkan dalam film selama beberapa dekade lalu. Salah satu referensi paling awal ialah film Metropolis 1927.
Film tersebut menunjukkan videophone analog yang dipasang di dinding. Seperti yang ditulis desainer Joe Malia dalam sebuah unggahan blog, seorang karakter di Metropolis mengandalkan empat tombol yang berbeda untuk menemukan frekuensi yang tepat sebelum melakukan panggilan.


Editor : Dini Listiyani