Teleskop Hubble Abadikan Wajah Tersenyum di Luar Angkasa

Dini Listiyani ยท Selasa, 06 November 2018 - 05:20 WIB
Teleskop Hubble Abadikan Wajah Tersenyum di Luar Angkasa

Teleskop Hubble Abadikan Wajah Tersenyum di Luar Angkasa (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Teleskop luar angkasa NASA Hubble telah menemukan obyek menarik. Kali ini, teleskop Hubble berhasil mengabadikan galaksi seperti wajah tersenyum.

NASA baru saja mengunggah gambar terbaru Hubble ke situsnya. Gambar tersebut menunjukkan, pembentukan galaksi yang terlihat mirip dengan wajah tersenyum.

"Semakin rendah, galaksi berbentuk busur memiliki bentuk khas yang telah menjadi gravitasi, menyebabkannya terdistorsi dan membentang keluar dari bentuk," kata NASA sebagaimana dikutip dari Cnet, Selasa (6/11/2018).

Wajah tersenyum terletak di cluster galaksi SDSS J0952+3434 dan ditangkap dengan Wide Field Camera 3 dari Hubble Space Telescope (WFC3).

Gambar ini terlihat sebagai bagian dari misi Hubble untuk lebih memahami bagaimana bintang-bintang baru dilahirkan. Kamera WFC3 bertenaga tinggi memiliki resolusi luar biasa sehingga dapat menemukan wilayah formasi bintang.

"Bintang terlahir dalam awan gas raksasa," kata NASA seperti dikutip dari ABC.

Dengan menganalisis luminositas, ukuran, dan juga tingkat pembentukan pembibitan, para ilmuwan berharap bisa mempelajari lebih lanjut mengenai proses yang mengarah pada pembentukan bintang yang baru lahir.

"Mempelajari pembibitan dalam galaksi yang berbeda akan memberikan informasi tentang pembentukan bintang di berbagai titik waktu dan ruang di seluruh alam semesta," ujarnya.