Terungkap, Dinosaurus Miliki Sistem Pernapasan Mirip Burung

Dini Listiyani ยท Senin, 05 November 2018 - 05:01 WIB
Terungkap, Dinosaurus Miliki Sistem Pernapasan Mirip Burung

Terungkap, Dinosaurus Miliki Sistem Pernapasan Mirip Burung (Foto: Chinese Academy of Science)

CALIFORNIA, iNews.id- Dinosaurus memiliki paru-paru super kaku yang membantunya berlari dan berburu di udara zaman prasejarah yang sangat tipis. Seperti apa penjelasannya?

Penelitian menunjukan reptil memiliki sistem pernapasan seperti burung yang sangat canggih. Sistem pernapasan tersebut membantu mereka berlari dengan kecepatan tinggi dalam kondisi buruk.

Paru-paru khusus dinosaurus mungkin telah membuat mereka unggul di atas spesies lain, membantu mendominasi planet ini selama 180 juta tahun. 60 juta tahun lalu, atmosfer Bumi mengandung setengah oksigen dan tidak semua spesies memiliki alat pernapasan yang cocok dengan kondisi tersebut.

"Bahkan jika dinosaurus pertama yang berevolusi memiliki paru-paru yang mirip burung, ini akan menjelaskan mengapa dinosaurus menjadi spesies hewan yang mendominasi di zaman mereka," kata rekan penulis studi Profesor Bill Seller dari Universitas Manchester sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Senin (5/11/2018).

Para peneliti di Universitas Manchester menggunakan CT Scan untuk membandingkan rongga paru-paru dinosaurus dengan tiga hewan modern yang berkaitan erat. Mereka mengamati 29 burung dan empat aligator serta buaya.

Dengan membandingkan rongga makhluk-makhluk ini dengan 16 spesies dinosaurus, para ahli menemukan makhluk kuno ini memiliki paru-paru yang lebih dekat dengan burung modern dibandingkan reptil.

Vertebra dinosaurus lebih mirip dengan burung dibanding buaya. Vetebra menampilkan sendi costovertebral serta langit-langit tulang belakang serta rusuk yang sama dengan burung.

Selain pengamatan, tim juga secara spesifik memindahkan paru-paru buaya dan burung unta untuk membandingkan rongga mereka. Diseksi menunjukkan, rongga paru-paru dinosaurus berkerut seperti burung unta dibandingkan alligator. Artinya, paru-paru dinosaurus efektif dalam memompa oksigen.


Editor : Dini Listiyani