TESS Berhasil Temukan Dunia Baru yang Aneh dan Ledakan Bintang

Dini Listiyani ยท Rabu, 09 Januari 2019 - 06:01 WIB
TESS Berhasil Temukan Dunia Baru yang Aneh dan Ledakan Bintang

TESS Berhasil Temukan Dunia Baru yang Aneh dan Ledakan Bintang (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Teleskop pemburu planet NASA berhasil membuat penemuan-penemuan penting. Kini, penemuan planet baru ketiga dan sejumlah ledakan bintang telah dikonfirmasi.

Exoplanet baru bernama HD 21749b ditemukan oleh NASA Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) yang diluncurkan pada April lalu. Dunia yang baru ditemukan dikategorikan sebagai sub-Neptunus, yang ukurannya tiga kali lebih besar dari Bumi.

Dari planet-planet yang ditemukan, HD 21749b memiliki periode orbit terpanjang di sekitar bintangnya, membutuhkan waktu 36 hari untuk melakukan transit. Pada suhu 300 derajat Fahrenheit, HD 21749b relatif cool untuk sebuah planet yang mengorbit sangat dekat dengan bintangnya.

HD 21749b memiliki kepadatan yang lebih besar dari Neptunus, tapi tidak diperkirakan berbatu. Penemuan ini yang dibahas pada pertemuan ke-233 American Astronomical Society (ASS) dan dalam pra-print di arXiv, hanyalah salah satu dari beberapa penemuan.

Dalam pertemuan tersebut, seorang peneliti MIT yang bekerja pada TESS Chelsea Huang menyatakan TESS telah mengonfirmasi keberadaan delapan exoplanet dan potensial lainnya hampir siap untuk dipublikasikan.

TESS mencari planet baru dengan memeriksa cahaya dari sekitar 200.000 bintang dan mendeteksi segala perubahan yang terlihat dalam kecerahan. Jika cahaya turun menunjukkan, planet kemungkinan mengorbit bintang, sebagaimana dikutip dari Cnet, Rabu (9/1/2019).

Ini telah mengarah pada penemuan dua planet lain, Pi Mesae c dan LHS 3844b pada September lalu. Planet-planet ini merobek bintang-bintang mereka jauh lebih cepat dibandingkan HD 21749b, menyelesaikan orbit pada 6.3 hari 11 jam.

Karena TESS diprogram untuk melihat bagian langit hanya selama 27 hari, planet mana pun dengan orbit yang lebih panjang sulit untuk diidentifikasi. Namun, TESS bukan hanya pemburu planet.

"Kami menganggap TESS sebagai pemburu exoplanet. Di samping itu, TESS sangat efektif dalam menemukan banyak jenis obyek lainnya," kata penyelidik utama misi TESS Dr. George Ricker.

TESS memiliki serangkaian instrumen yang bisa mencari sejumlah fenomena kosmik lainnya, termasuk asteroid, komet, dan bintang yang meledak atau supernova. Mengamati hanya satu sektor langit setelah mulai operasi sains, para peneliti mengumumkan di ASS, TESS telah mengindentifikasi enam supernova.

Sayangnya, seorang pipeline scientist di TESS Michael Faushnaugh membahas hal ini dibandingkan dengan teleskop Kepler NASA yang sekarang sudah tiada.

"Satu-satunya misi lain yang benar-benar bisa melakukan ini ialah pesawat luar angkasa Kepler dan Kepler menemukan lima supernova dalam empat tahun pengamatannya," katanya dalam konferensi AAS.


Editor : Dini Listiyani

TAG : nasa