Usai Pengujian di ISS, Robot CIMON Kembali ke Bumi

Dini Listiyani ยท Senin, 02 September 2019 - 14:01 WIB
Usai Pengujian di ISS, Robot CIMON Kembali ke Bumi

Robot CIMON (Foto: ESA)

CALIFORNIA, iNews.id - Manusia tampaknya semakin dekat untuk memiliki asisten robot di luar angkasa. Pasalnya, robot Crew Interactive Mobile Companion (CIMON) berhasil kembali ke Bumi pada 27 Agustus usai pengujian dilakukan di International Space Station (ISS).

Robot CIMON buatan IBM dan Airbus ini menunjukkan keterampilan AI-nya (seperti mengenali astronot dan menawarakn instruksi) serta kemampuan mengambang di ISS. Ini bukan akhir dari pengujian melainkan awal dari segalanya.

Mengutip Engagdet, Senin (2/9/2019), robot penerus CIMON telah dikerjakan. Robot CIMON yang baru akan mempunyai komputer yang lebih kuat, mikrofon lebih baik, kontrol penerbangan lebih baik, sistem yang lebih banyak bicara, menentukan niat, dan bahkan menyertakan riwayat panggilan.

Robot CIMON terbaru diharapkan dapat mencapai stasiun luar angkasa pada Desember untuk tes lebih lanjut. Belakangan ISS seolah-olah menjadi hub robotik untuk berbagai negara.

Belum lama ini Amerika Serikat (AS) mengirim Astrobee cube robot untuk diuji. Sedangkan Rusia baru saja mengirim robot humanoid Fyodor ke orbit.

Sejumlah badan antariksa besar melihat bantuan robot sebagai sesuatu yang penting untuk masa depan ketika para astronot menghabiskan waktu yang lebih lama jauh dari Bumi. Masing-masing badan antariksa mempunyai ide yang berbeda mengenai bagaimana cara meringankan beban dan membiarkan kru fokus pada misi mereka.


Editor : Dini Listiyani