Gunakan Teknologi Nokia, Tri Indonesia Tingkatkan Efisien Jaringan

Dini Listiyani ยท Selasa, 06 November 2018 - 15:01 WIB
Gunakan Teknologi Nokia, Tri Indonesia Tingkatkan Efisien Jaringan

Gunakan Teknologi Nokia, Tri Indonesia Tingkatkan Efisien Jaringan (Foto: Wikimedia)

JAKARTA, iNews.id - Tri Indonesia (3) meningkatkan efisiensi pada jaringan LTE dengan menggunakan teknologi Nokia, Spectral Performance Management. Berkat solusi itu, Tri Indonesia berhasil melakukan peningkatan efisiensi spektrum sebesar 17 persen.

Penggunan Spectral Performance Management digunakan oleh Tri Indonesia untuk meningkatkan efisiensi spektrum. Artinya, lebih banyak layanan mobile broadband yang bisa diberikan untuk pelanggan dengan kecepatan data lebih tinggi.

Selain itu, teknologi Spectral Performance Management Nokia juga memungkinkan Tri Indonesia secara proaktif mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah kinerja jaringan. Sementara itu, analisis berbasis cloud dari Nokia AVA menghasilkan rekomendasi otomatis yang meningkatkan efisiensi spektral dan membantu memprioritaskan investasi terhadap kapasitas tambahan.

Nokia AVA mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk Minimization of Drive Test (MDT). Sebagai sebuah fitur 3GPP, MDT memungkinkan pengumpulan data performa dari Nokia dan vendor jaringan lainnya, memanfaatkan miliaran laporan pengukuran anonim yang dikirim oleh ponsel biasa.

Algoritma mesin pembelajaran, yang dikembangkan oleh pakar layanan Nokia dalam kemitraan dengan Nokia Bell Labs, menganalisis data dan mengidentifikasi pola penggunaan dan perilaku jaringan untuk mendapatkan informasi yang sangat terperinci, insight dari level sub-cell mengenai kepadatan pelanggan, throughput pada aplikasi, dan performa sinyal radio.

"Kami sangat senang Nokia dan Spectral Performance Management Platform-nya menggunakan inovasi terbaru dalam AI dan machine learning, yang membantu kami mengurangi latensi dan meningkatkan kapasitas, sehingga pelanggan kami dapat merespons mobile game mereka lebih cepat dan menikmati kualitas video yang unggul," kata CTO Hutchison 3 Indonesia Desmond Cheung dalam keterangan kepada iNews.id, Selasa (6/11/2018).

Analisis tingkat forensik ini membantu engineer jaringan memahami di mana kapasitas hampir habis dan bagaimana seluruh data dapat ditingkatkan. Insight yang terperinci ini memungkinkan Tri melakukan perencanaan dengan lebih akurat dan meningkatkan laba investasi jaringan, termasuk kepastian evolusi menuju 5G.


Editor : Dini Listiyani