Pensiun dari Alibaba, Ini Fakta Menarik soal Jack Ma

Dini Listiyani ยท Selasa, 10 September 2019 - 11:20 WIB
Pensiun dari Alibaba, Ini Fakta Menarik soal Jack Ma

Jack Ma (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Jack Ma memutuskan untuk pensiun sebagai executive chairman Alibaba. Dia merayakan pengunduran dirinya dengan pesta besar di stadion seukuran Olimpiade di kota kelahiran Alibaba, Hangzhou.

Ma undur diri setelah dua dekade mambangun Alibaba menjadi bisnis bernilai 460 miliar dolar AS. Miliarder asal China ini akan menfokuskan waktu sepenuhnya untuk filantropinya.

"Sebelum saya berusia 70 tahun, saya bisa melakukan sesuatu di bidang lain, di bidang-bidang seperti pendidikan," kata Ma di sebuah event Alibaba yang digelar September lalu yang dikutip dari CNN, Selasa (10/9/2019).

Terlepas dari kepergiaannya dari Alibaba, Ma mempunyai cerita hidup menarik. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini:

1. Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Unik
Saat berusia 12 tahun, Ma mempunyai keinginan kuat untuk belajar bahasa Inggris. Agar bisa menguasai bahasa Inggris, Ma mempunyai cara unik.

Ma memberikan tur gratis untuk orang asing, dengan mengayuh sepedanya setiap pagi ke sebuah hotel di Hangzhou yang berjarak setidaknya 40 menit.

2. Ditolak Harvard 10 Kali
Selama World Economic Forum 2015, Ma mengungkapkan dia pernah ditolak Harvard University. Bagi sebagian orang ditolak satu kali sudah cukup membuat mereka menyerah.

Tapi tidak dalam kasus Ma. Dia terus mendaftar berkali-kali ke Harvard hingga total ditolaknya mencapai 10 kali. "Saya applied untuk Harvard 10 kali, mendapat penolakan 10 kali dan saya mengatakan kepada diri sendiri, suatu saat saya harus mengajar di sana," ujarnya.

3. Melihat Komputer Pertamanya saat Berusia 31 Tahun
Dikutip dari Tech Times, meskipun Alibaba berfokus pada teknologi, AI, dan sejenisnya Ma tidak begitu melek teknologi. Dia melihat komputer pertama kalinya pada 1995 selama perjalan ke Seattle sebagai interpreter.

Seorang temannya menunjukkan internet kepadanya. Lalu, pertanyaan pencarian yang pertama dia lakukan adalah di Yahoo untuk keyword 'beer.'

Selama menjajal itu, dia menemukan tidak ada data China di internet. Kemudian, dia mendapatkan ide meluncurkan bisnis besar pertamanya yang disebut China Yellow Pages setelah melihat potensi ruang online.

4. Bisnis Pertamanya Gagal
Setelah kembali ke China, dia memulai China Yellow Pages, meminjam uang dari kerabatnya dan menggunakan tabungannya.

Pada saat China Yellow Pages akan diluncurkan, dia memanggil orang dari stasiun TV ke rumahnya untuk memamerkan situs webnya. Namun, dia mempunyai koneksi dial-up saat itu dan butuh tiga setengah jam memuat setengah halaman web.

Meskipun tidak berjalan sepenuhnya sesuai rencana, dia berhasil membuktikan kepada rekan-rekannya internet adalah sesuatu yang ada. China Yellow Pages dianggap sebagai perusahaan internet di China, tapi akhirnya tidak berhasil.

5. Praktisi Tai Chi
Ma adalah seorang praktisi Tai Chi. Dia telah mempelajari bentuk seni bela diri sejak 1988. Dia bahkan membintangi film berjudul Gong Shou Dao.

Dalam film Gong Shou Dao, Ma bekerja dengan nama-nama besar seperti Jet Li dan Donnie Yen. Lewat film tersebut, Ma menampilkan kemampuan Tai Chi-nya.

Lebih dari itu, miliarder asal China ini bahkan menerapkan Tai Chi dengan campuran Taoism dan Budha untuk mengelola perusahaannya.

"Dalam Taoism, kepemimpinan terbaik bukan memimpin. Tidak ada guru yang ingin muridnya gagal. Jadi saya tidak pernah mencuri perhatian orang muda yang baru direkrut. Jika seseorang memperingatkan saya mengenai karyawan yang mencoba melampaui saya, saya menjawab saya seorang guru dan memang seharusnya begitu," katanya.


Editor : Dini Listiyani