Skema Tarif Palapa Ring Barat Belum Ditentukan, Ini Alasannya

Dini Listiyani ยท Rabu, 25 Juli 2018 - 19:18 WIB
Skema Tarif Palapa Ring Barat Belum Ditentukan, Ini Alasannya

Fiber optik. (Foto: StellarNet)

JAKARTA, iNews.id - Palapa Ring menjadi salah satu proyek pemerintah untuk menghubungkan daerah terpencil dengan internet. Di antara tiga paket yang ditawarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Palapa Ring Barat yang telah rampung.

Pembangunan fiber optik bawah laut Palapa Ring Barat telah rampung 100 persen. Namun, skema tarif untuk paket tersebut belum ditentukan karena menunggu penetapan peraturan Kementerian Keuangan.

"Jadi, kami masih menunggu keputusan. Saat itu (keputusan) keluar kita akan merilis tarif-tarif khusus Palapa Ring," kata Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Anang Latif usai acara diskusi media di Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Jika Palapa Ring Barat telah rampung 100 persen, lain halnya dengan paket Tengah dan Timur. Masing-masing paket ini baru progress pembangunannya sampai 89 persen (Tengah) dan 57 persen (Timur).

Meski belum rampung, Latif menegaskan kedua paket ini akan menggunakan skema harga yang sama dengan Palapa Ring Barat nanti.

"Model formulanya sama. Tentu berbeda dari panjangnya ya. Kita referensinya kalau satu kilometer berapa, harga pasar berapa, nanti kita beri diskon sampai 50 persen," ujarnya.

BAKTI sendiri mulai mengajak operator seluler untuk menggunakan fasilitas yang dibangun dengan menawarkan potongan harga khusus. Adapun untuk tarif yang ditetapkan harus terjangkau bagi masyarakat.

"Untuk menentukan tarif aktual harga sewa bulanan jaringan Palapa Ring, akan mempertimbangkan dua komponen utama, yakni harga acuan dan jumlah operator yang akan menggunakan Palapa Ring. Semakin banyak operator yang masuk, maka kami akan menaikkan potongan harga sewa," ujarnya.

Editor : Tuty Ocktaviany