Indhex 2018 Bisa Berdampak Langsung pada Kemajuan UMKM

Diaz Abraham ยท Senin, 05 November 2018 - 22:54 WIB
Indhex 2018 Bisa Berdampak Langsung pada Kemajuan UMKM

Indhex 2018 sukses digelar selama tiga hari, mulai 1-3 November 2018. (Foto: News.id/Diaz Abraham)

JAKARTA, iNews.id - Acara pameran halal internasional Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 resmi ditutup pada 3 November 2018. Melalui acara ini, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Dr. Ir. Lukmanul Hakim M.Si mengatakan, kegiatan ini diharapkan memiliki dampak langsung pada kemajuan Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Acara bertema 'Peningkatan Daya Saing UMKM dengan Sertifikasi Halal' tersebut, menurut Lukman, bertujuan meningkatkan daya saing UMKM di pasar global sebagai pelaku aktif perdagangan. Apalagi pada tahun depan, Indonesia mewajibkan bagi seluruh produk yang ada telah bersertifikat halal.

"Harapannya 2019 nanti, kita ingin Indonesia sebagai pelaku aktif perdagangan internasional. Jadi halal trade itu tahun 2019, tapi kita sudah mulai. Tahun ini kita menguatkan di UMKM sebagai pelaku aktif perdagangan halal," katanya kepada iNews.id di Gedung Global Halal Center, Bogor, baru-baru ini.

Selain produk halal, UMKM menjadi fokus pada penyelenggaraan Indhex 2018. Hal ini terjadi lantaran di Indonesia sendiri, produk UMKM luar negeri telah banyak masuk, tapi barang-barang kita sulit bersaing di negara lain.

"Banyak produk luar banyak ke Indonesia seperti makanan dari Thailand. Coba ke Thailand, apakah ada restoran asal Indonesia? Artinya, kita belum menjadi pelaku aktif perdagangan internasional," ujarnya.

Indhex 2018 telah berlangsung sejak 1 hingga 3 November 2018. Dalam agenda tahunan LPPOM MUI tersebut, banyak sekali kegiatan seru yang dihadirkan seperti pemberian penghargaan bagi produk halal, olimpiade halal, lomba melukis, dan berbagai talkshow.

Untuk menarik minat pengunjung, panitia acara mengundang beberapa artis seperti Dewi Sandra, Chiki Fawzi, Ben Kasyafani, dan Marissa Haque. Saking serunya, pada hari terakhir penyelenggaraan acara, tercatat jumlah pengunjung mencapai lebih dari 10 ribu orang.


Editor : Tuty Ocktaviany