Ini Bedanya Indhex 2018 dengan Pameran yang Lain

Diaz Abraham ยท Jumat, 09 November 2018 - 22:24 WIB
Ini Bedanya Indhex 2018 dengan Pameran yang Lain

Indhex 2018 dibuka oleh Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin. (Foto: iNews.id/Diaz Abraham)

JAKARTA, iNews.id - Di Indonesia, telah banyak acara pameran yang diselenggarakan dengan berbagai tema tertentu, termasuk Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018, sebuah pameran halal internasional buatan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Direktur LPPOM MUI, Dr. Ir. Lukmanul Hakim M.Si mengatakan, acara ini adalah pameran dengan tujuan paling jelas.

Menurutnya, selama delapan kali penyelenggaraan, Indhex selalu membawa isu baru sebagai target capaian di kemudian hari. Pada 2018, Indhex bertujuan meningkatkan kesadaran produk halal di masyarakat, serta Usaha, Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) agar menjadi pelaku aktif perdagangan internasional.

"Yang terjelas tujuannya, karena ingin peningkatan dua hal, yaitu halal serta UMKM Indonesia, dan sertifikat halal untuk menguatkan Indonesia sebagai pelaku perdagangan internasional. Tidak sekadar expo, kita punya tujuan jelas. Target yang jelas," katanya kepada iNews.id, Gedung Global Halal Center, Bogor, belum lama ini.

Selain membuat pameran, LPPOM MUI juga menggelar serangkaian kegiatan untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar global. Selama ini mereka telah memberi sertifikat gratis bagi para pelaku UMKM, serta promosi produk halal ke luar negeri.

"Programnya agenda UMKM kita sertifikasi gratis, UMKM kita promosikan halal di luar negeri. Kita ikut juga pameran di luar negeri, menjelaskan mengenai UMKM di Indonesia. Terakhir, pameran di Malaysia," katanya.

Tak hanya pameran, mereka juga memasukan data-data produsen UMKM di aplikasi transaksi jual beli barang internasional. Selanjutnya, Lukman menambahkan bila penyebaran informasi melalui media juga penting agar masyarakat makin mengenal produk UMKM berbasis halal.

"Kita memasukkan juga data produsen di market place taraf internasional. Seperti Alibaba kan sifatnya internasional, termasuk ke MNC Group untuk dorong supaya UMKM cerdas. Jadi, tidak melihat ini UMKM atau perusahaan besar, tapi cerdas juga melihat produk ini halal," katanya.


Editor : Tuty Ocktaviany