Sukses Digelar, Ini Capaian dari Perhelatan Indhex 2018

Diaz Abraham ยท Senin, 26 November 2018 - 17:18 WIB
Sukses Digelar, Ini Capaian dari Perhelatan Indhex 2018

LPPOM MUI sukses gelar Indhex 2018. (Foto: iNews.id/Diaz Abraham)

JAKARTA, iNews.id – Perhelatan Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 memang telah usai, tapi banyak sekali pelajaran yang didapat oleh para pengunjung. Acara ini digelar sukses digelar oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), di Gedung Smesco, Jakarta, 1-3 November 2018.

Seperti diketahui, halal identik dengan makanan. Untuk itu, kehadiran Ben Khasyafani dalam acara tersebut amat penting.

Artis sekaligus presenter tersebut saat ini tengah fokus dalam mengembangkan akun berbagi video YouTube miliknya dengan tema makanan halal. Ternyata, Ben mengaku selama ini sulit menemukan makanan yang halal untuk dikonsumsi sehingga dia memberikan pengetahuan kepada pengunjung untuk selalu memperhatikan kehalalan dari sebuah olahan.

Kepala Bidang Sosialisasi dan Edukasi LPPOM MUI Lia Amalia juga memberikan beberapa tips untuk memilih makanan halal di negara minoritas Muslim. Salah satunya dengan mengonsumsi buah atau makanan yang telah kita olah sebelumnya. Jangan lupa untuk bertanya pada penjual atau juru masak mengenai kehalalan olahannya, serta pastikan juga alat memasaknya tidak terkontaminasi dengan sesuatu yang haram.

Selain Ben, Dewi Sandra juga turut hadir memeriahkan hari pertama pembukaan Indhex 2018. Artis cantik ini memberikan pengalamannya selama sebelum hingga setelah mengenakan hijab karena halal identik pula dengan perilaku. Selama mengenakan hijab, hal paling sulit untuk dilawan adalah menetapkan hati untuk terus mengenakan hijab.

Pemberian bekal mengenai produk halal kepada pengunjung terus berlangsung, kali ini LPPOM MUI menyasar para pelajar setingkat SMA untuk mengikuti olimpiade halal. Lomba ini berlangsung di Gedung Smesco, 2 September 2018.

Sebanyak 1.500 peserta mengikuti lomba yang digelar di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Olimpiade ini ditargetkan diikuti peserta dari dalam maupun luar negeri, sehingga melalui acara ini anak-anak akan semakin mengenal dengan segala sesuatu tentang halal.

Edukasi halal kepada masyarakat terus berlangsung dengan berbagai seminar yang menampilkan artis seperti Marisa Haque. Dia memberikan pengetahuan soal cara mendidik anak agar mencintai semua hal mengenai halal pada acara terakhir dalam gelaran Indhex 2018.

Hal unik lainnya dalam gelaran Indhex 2018, yaitu tema yang diangkat berjudul “Peningkatan Daya Saing UMKM dengan Sertifikasi Halal” tujuannya untuk mempersiapkan mereka ketika pemberlakuan UU Jaminan Produk Halal. Tak hanya itu, sertifikasi halal dimaksudkan sebagai salah satu penawaran bagi konsumen agar merasa aman dalam mengonsumsi sebuah produk.

"Sertifikat halal justru menjadi kekuatan daya saing. Sekarang ini daya beli konsumen untuk produk-produk halal semakin meningkat," kata Ketua Umum MUI KH Ma'aruf Amin saat Opening Ceremony Indhex 2018 di Smesco Convention Hall, Pancoran, Jakarta, 1 November 2018.

Bahkan untuk menyukseskan agenda ini, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menggratiskan pembiayaan membuat sertifikasi halal.

"Untuk mendorong produk halal, kami di Kementerian Koperasi dan UKM jika ada produk yang ingin mensertifikatkan halal, biayanya digratiskan. Kita sudah bekerja sama dengan LPPOM MUI pusat dan provinsi," tutur Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga ketika memberi kata sambutan di acara Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018.

Saking menariknya acara tersebut, saat dikonfirmasi tim iNews saat hari terakhir gelaran Indhex 2018, Lia Amalia mengatakan, jumlah pengunjung saat itu lebih banyak dibanding dua hari sebelumnya.

"(Jumlah pengunjung) hampir 10 ribuan, banyak yang datang dari daerah. Karena event ini skalanya nasional dan mancanegara, ada juga pengunjungnya orang asing," ujar Lia saat ditemui iNews.id di lokasi acara.

Melalui tema yang mengangkat soal kemajuan UMKM, diharapkan Indonesia menjadi pelaku aktif perdagangan halal internasional. Hal ini diungkapkan oleh Direktur LPPOM MUI, Dr. Ir. Lukmanul Hakim M.Si ketika ditemui oleh iNews.id di Gedung Global Halal Center, Bogor.

"Harapannya 2019 nanti, kita ingin Indonesia sebagai pelaku aktif perdagangan internasional. Jadi, halal trade itu tahun 2019. Tapi kita sudah mulai seperti trade itu. Dan, tahun ini kita menguatkan di UMKM sebagai pelaku aktif perdagangan halal," katanya.


Editor : Tuty Ocktaviany