10 Besar Wisata Dataran Tinggi Terpopuler di Indonesia, Ini Keindahan Baturraden

Vien Dimyati ยท Selasa, 18 Juni 2019 - 13:48 WIB
10 Besar Wisata Dataran Tinggi Terpopuler di Indonesia, Ini Keindahan Baturraden

Baturraden menawarkan pesona keindahan alam yang memesona. (Foto: Instagram Bayusamcloth )

JAKARTA, iNews.id - Memilih Jawa Tengah sebagai tujuan berwisata menjadi pilihan tepat. Tak hanya menyimpan objek wisata Borobudur di Magelang atau Dieng di Wonosobo. Ternyata jika bergeser ke Baturraden, Anda dapat menikmati keindahan dataran tinggi di kaki Gunung Slamet yang terlihat memesona.

Bahkan, Baturraden masuk dalam 10 besar wisata dataran tinggi terpopuler di Indonesia versi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2019. Kawasan wisata di lereng Gunung Slamet ini bakal bersaing dengan sembilan destinasi pada kategori Dataran Tinggi Terpopuler. Salah satunya, Batu Runcing (Sawahlunto), Bukit Bawang Bakung (Kabupaten Lampung Barat), Bukit Kaba (Kabupaten Rejang Lebong), Bukit Pulo Dua (Kabupaten Banggai) dan banyak lagi.

Kawasan wisata ini memiliki sejumlah objek wisata. Baik yang dikelola pemerintah kabupaten, swasta, maupun desa wisata. Tak hanya dikenal keindahan alamnya, di daerah ini juga terdapat potensi wisata budaya, kuliner, cenderamata, hingga kawasan wisata khusus, seperti jelajah ngarai atau canyoning dengan rute dan jalur terlengkap dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Lokawisata Baturraden sendiri pernah dua kali meraih penghargaan Abiwara Pariwisata Jawa Tengah pada kategori objek wisata yang dikelola oleh pemerintah untuk lomba kepariwisataan tingkat Provinsi Tengah.


Bagi warga Purwokerto dan sekitarnya, Baturraden adalah lokasi wisata andalan yang mudah dijangkau semua kalangan. Selain murah, Baturraden menawarkan keindahan panorama alam yang masih asri dengan udara yang sejuk.

Lantas, objek wisata mana saja yang dapat dikunjungi ketika Anda sedang berada di Baturraden? Berikut ulasan yang dirangkum iNews.id, Selasa (18/6/2019).

Curug Jenggala

Purwokerto mempunyai banyak curug yang belum terekspos. Salah satunya, Curug Jenggala. Curug ini sampai sekarang masih terjaga kebersihannya, indah dipandang, dan sejuk dirasakan. Lokasi Curug Jenggala ini terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas tersebut, kini berada di kawasan wisata Baturraden.

"Berikut ini salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi untuk mengisi liburanmu, adalah Curug Jenggala, curug yang sampai sekarang masih terjaga kebersihannanya, indah di pandang sejuk dirasakan. Lokasi Curug ini terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kab. Banyumas," tulis Instagram @instapurwokerto.

Pancuran Telu dan Pancuran Pitu

Baturraden mempunyai Pancuran Telu dan Pancuran Pitu. Keindahan yang paling istimewa dari pancuran ini adalah air yang dikeluarkan berupa air panas yang bercampur belerang. Itulah alasannya Pancuran Pitu dan Telu berwarna oranye kecoklatan.

Untuk mencapai Pancuran Pitu, Anda harus menaiki tangga terlebih dahulu. Biasanya setelah puas melihat pemandangan di sekitar pancuran, pengunjung akan menjajal pijat refleksi, lalu dilanjutkan dengan merendam air hangat. Biaya untuk pijat di sini seharga Rp20.000 hingga Rp50.000. Untuk mandi air hangat hanya Rp5.000.

Kebun Raya Baturraden

Masih belum puas? Selepas dari Pancuran Pitu dan pijat refleksi, mampir sebentar di Kebun Raya Baturraden. Sambil duduk-duduk menikmati pemandangan bunga-bunga nan cantik, Anda bisa mencicipi penganan di warung-warung sekitar.

Telaga Sunyi

Tak jauh dari Kebun Raya Baturraden, terdapat Telaga Sunyi. Cukup berkendara sekitar 10 menit, Anda bisa kontemplasi diri di Telaga Sunyi.

Di Telaga Sunyi, Anda akan dimanjakan mata oleh hijaunya tumbuhan yang merambat di sekitar telaga. Terdapat air terjun kecil yang alirannya tidak begitu deras. Airnya yang jernih dan sejuk membuat banyak orang tergoda untuk menceburkan diri.


Editor : Tuty Ocktaviany