3 Tradisi Imlek di Asia, Balap Kuda di Hong Kong Paling Populer

Vien Dimyati ยท Selasa, 05 Februari 2019 - 09:10 WIB
3 Tradisi Imlek di Asia, Balap Kuda di Hong Kong Paling Populer

Peayaan Imlek (Foto: CNN Travel)

JAKARTA, iNews.id - Jika Anda berada di Hong Kong, Vietnam, Korea Selatan, atau di manapun. Saatnya untuk mengenakan jaket merah yang norak, jalan-jalan, hingga makan sampai kenyang.

Ya, ini adalah Tahun Baru Imlek, atau Festival Musim Semi. Biasanya, akan selalu ada kemeriahan yang berlangsung selama 15 hari sejak hari pertama kalender lunar (5 Februari 2019). Momen ini menjadi paling berharga bagi Anda berkumpul dengan keluarga.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Sebagian memilih pulang kampung berkumpul bersama keluarga, dan sebagian memilih travelling menikmati keseruan merayakan Tahun Baru Imlek.

Di berbagai negara ada cara tersendiri untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek. Ingin tahu, bagaimana kemeriahan perayaan Imlek di berbagai negara? Berikut ulasannya, seperti dikutip melalui CNNTravel, Selasa (5/2/2019).

Arena Balap Sha Tin, Hong Kong

Taruhan di arena balap kuda sangat kental di Hong Kong. Merayakan Tahun Baru Imlek menjadi momen yang baik untuk mencoba keberuntungan Anda. Diadakan pada hari ketiga (7 Februari 2019) Festival Musim Semi, the Chinese New Year Race diselenggarakan di Sha Tin Racecourse. Kegiatan ini adalah salah satu hari perlombaan paling populer tahun ini.

Anda akan melihat secara langsung pertunjukan balap kuda, berbicara dengan ahli feng shui, dan undian keberuntungan. Diselenggarakan pada 7 Februari 2019, tiket masuk gratis untuk turis. Balapan pertama dimulai 12:30 pm, di Arena Pacuan Kuda Sha Tin, Hong Kong.

Pasar Bunga Quang Ba, Hanoi, Vietnam

Satu hal yang harus dimiliki saat merayakan Tahun Baru Imlek di Vietnam adalah karangan bunga dari Quang Ba Flower Market di Hanoi. Pasar ini sangat ramai selama perayaan Imlek.

Para pembeli mencari karangan bunga yang paling menarik perhatian di tengah deru dan derit sepeda motor kota itu, semuanya mengangkut tandan bunga-bunga cerah. Biasanya, bunga persik atau ochna integerrima dengan kelopak kuning cerah yang disukai pengunjung selama perayaan Imlek atau Tet dalam bahasa setempat.

Pemandangan dan suara yang bercampur dengan aroma makanan jalanan menjadikan Tahun Baru Imlek ini terlihat lebih sensual. Pasar Bunga Quang Ba, berada di Jalan Au Co, Tay H, Hanoi, Vietnam. Pasar ini buka setiap hari pukul 03.00 pagi.

Kota Nuanquan, Provinsi Hebei, China

Dengan populasi kurang dari 20.000, kota ini sangatlah kecil. Sepanjang tahun, Nuanquan sangat jarang dikunjungi turis. Tetapi pada hari ke-15 Festival Musim Semi, kota yang sepi itu akan benar-benar menyala dengan pemandangan kembang api dan pertunjukan api akar rumput yang spektakuler. Bahkan, pertunjukan ini telah terdaftar sebagai warisan budaya takbenda Tiongkok oleh UNESCO.

Pertunjukan Tradisi Da Shuhua ini diyakini berusia lebih dari 500 tahun. Puncak dari pertunjukan ini yaitu saat pandai besi lokal melemparkan besi cair di gerbang kota dan menghasilkan bunga api yang indah pada malam hari. Pertunjukan ini akan diselenggarakan pada 1 Maret 2019 di Kota Nuanquan.


Editor : Vien Dimyati