4 Tradisi Imlek di Berbagai Negara, Intip Kuil Guan Yu yang Fenomenal

Vien Dimyati ยท Jumat, 16 Februari 2018 - 10:05 WIB
4 Tradisi Imlek di Berbagai Negara, Intip Kuil Guan Yu yang Fenomenal

Perayaan Imlek di Berbagai Dunia (Foto: Samuitimes)

JAKARTA, iNews.id - Perayaan Imlek yang jatuh pada 16 Februari 2018, menjadi momen berkesan bagi masyarakat Tionghoa. Berbagai negara di dunia merayakannya dengan cara yang berbeda.

Apakah Anda termasuk tipe orang yang terlibat dalam perayaan di rumah, atau merayakannya dengan melakukan travelling. Beberapa kota di berbagai dunia merayakan Tahun Baru Imlek dengan cara menyenangkan.

Sebut saja seperti di Ko Samui Thailand. Pulau ini dihias cerah dengan warna merah dan kuning. Ada berbagai parade dan pertunjukan di jalan. Kuil Guan Yu di distrik Hua Thanon menjadi daya tarik wisatawan. Di sini, warga Tionghoa bisa melihat garis keturunan mereka di dinding kuil yang terpajang.

Tak hanya Thailand yang merayakan Tahun Baru Imlek dengan meriah. Sydney Australia memiliki cara berbeda dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Selain memiliki lentera zodiak dan tarian Barongsai, Sydney juga memberi penghormatan kepada masyarakat China dengan menghias ornament Imlek yang berwarna merah.

Setelah merayakan Imlek di Sydney, wisatawan juga berkunjung ke BridgeClimb. Dengan memanjat bangunan baja ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan panorama kota Sydney yang memiliki ketinggian 134 meter di atas permukaan laut.

Ke mana pun Anda memilih untuk pergi, semoga mengalami keberuntungan, kemakmuran, dan hal lain yang diinginkan orang-orang China untuk saling berharap.

Lantas, seperti apa kemeriahan perayaan Imlek di berbagai kota di di dunia? Berikut ulasannya, seperti dirangkum iNews.id, melalui Tripzilla, Jumat (16/2/2018).

Ko Samui, Thailand

Meskipun Tahun Baru Imlek bukan merupakan hari libur resmi di Thailand, penduduk China di sana masih sangat menghargai tradisi mereka. Pulau ini dihias cerah dengan warna merah dan kuning. Pada akhir pekan, ada parade dan pertunjukan di jalanan. Ini merupakan hotspot bagi wisatawan untuk berkunjung.

Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi adalah Kuil Guan Yu di distrik Hua Thanon. Kuil ini dibangun sebagai identitas masyarakat Tionghoa. Dinding kuil terpajang foto warga Koh Samui dengan keturunan China. Setiap penduduk diminta berkontribusi terhadap informasi tentang garis keturunan keluarga mereka. Hal ini bertujuan untuk mendorong rasa memiliki dan keterhubungan yang lebih besar. Jika Anda ingin melihat tarian dan mendengar lagu khas China, tempat ini sangat tepat.

Langkawi, Malaysia

Langkawi Malaysia menjadi salah satu destinasi menarik untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Langkawi adalah sebuah kepulauan di Malaysia yang terdiri atas 99 pulau kecil. Pada 2007, pulau ini mendapatkan status dari UNESCO sebagai Global Geopark karena memiliki sejarah geologi yang kaya. Terlepas dari banyaknya taman geoforest untuk dijelajahi, Langkawi menawarkan pantai putih dan belanja murah.

Daya tarik yang paling menonjol adalah Langkawi Cable Car, mobil kabel paling curam di dunia. Selama 15 menit naik ke puncak gunung Machinchang dan nikmati pemandangan menakjubkan saat mendaki ketinggian 708 meter di atas permukaan laut. Langkawi tidak memiliki layanan transportasi umum, Anda harus menyewa kendaraan untuk menikmati pengalaman di sini.

Maladewa, Republik Maladewa

Pernahkah Anda merayakan Tahun Baru Imlek di pantai? Mungkin tidak! Maladewa menjadi destinasi populer bagi turis Eropa. Maladewa mungkin tidak seperti tempat lainnya yang dihiasi atau ramai dengan semangat Tahun Baru Imlek. Namun, dewan pariwisata dan beberapa resor di pantai telah merancang paket spesial yang mencakup makan malam gala spesial dan pertunjukan China untuk mengikuti festival. Pemandangan Maladewa adalah yang terbaik kedua di dunia. Anda bisa menikmati ketenangan pantai Maldivian yang terkenal tanpa kehilangan momen perayaan Tahun Baru Imlek.

Sydney, Australia

Jika Anda benar-benar ingin melihat kembang api Tahun Baru Imlek, maka Sydney adalah tempat terbaik. Kota ini sangat serius untuk merayakannya. Selain memiliki lentera zodiak dan tarian Barongsai, Sydney memberi penghormatan kepada masyarakat China dengan menghias ornament Imlek yang berwarna merah.

Mereka juga menghias landmark terkenalnya seperti Sydney Opera House, Balai Kota Sydney dan Perpustakaan Negara dengan naungan vermillion. Pada malam pertama tahun baru lunar, langit ramai dengan pertunjukan kembang api yang megah di atas Pelabuhan Sydney. Selama 17 hari, Sydney mengadakan festival panjang, kota ini tetap ramai dengan pasar jalanan, pameran, dan kegiatan budaya lainnya. Akan ada sesuatu untuk semua orang!

Sementara di Sydney, Anda juga akan disajikan dengan Sydney Harbour Bridge, sebuah jembatan ikonik yang menghubungkan kawasan pusat bisnis dengan North Shore. Pemandangan jembatan dan Sydney Opera House di dekat Pelabuhan Sydney akan terlihat indah.

Nikmati pemandangan ini, bukan hanya melihat jembatan. Dengan BridgeClimb yang terkenal di Sydney, Anda berkesempatan memanjat keindahan bangunan baja ini dan menikmati pemandangan panorama kota yang berjarak 134 meter di atas permukaan laut. Dari atas sini, terlihat kemeriahan ornament Imlek di kota Sydney.

Editor : Vien Dimyati