5 Pilihan Masjid untuk Salat Idul Fitri di Jakarta, Bangunannya Megah dan Unik

Vien Dimyati ยท Selasa, 04 Juni 2019 - 15:05 WIB
5 Pilihan Masjid untuk Salat Idul Fitri di Jakarta, Bangunannya Megah dan Unik

Pilihan masjid untuk salat Idul Fitri di Jakarta (Foto : Instagram @satyadw)

JAKARTA, iNews.id - Tidak terasa saat ini menjadi hari terakhir kita menjalani ibadah puasa. Setelah menahan lapar, haus, dan hawa napsu, kini saatnya untuk umat Islam bersuka cita menyambut Lebaran.

Biasanya, umat Islam akan berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Jika Anda masih bingung ingin memilih masjid untuk salat Idul Fitri, tenang saja.

Terutama bagi Anda yang tinggal di Jakarta, berikut ini adalah beberapa inspirasi masjid yang bisa dikunjungi untuk salat Idul Fitri. Berikut ulasannya, Selasa (4/6/2019).

Masjid Istiqlal

Ini merupakan masjid terbesar di Indonesia hingga di Asia. Masjid Istiqlal memang patut dikunjungi. Masjid yang terletak di daerah Lapangan Medan Merdeka, memiliki arsitektur yang modern dengan terdiri dari lima lantai. Dinding dan lantainya berlapis marmer dan kubah berwarna putih dengan diameter 45 meter. Ini yang membuat masjid ini terlihat megah.

Masjid Al Azhar

Masjid ini memiliki nuansa arsitektur Timur Tengah dengan kemegahan pondasi dan didominasi dengan warna cat putih. Masjid yang terletak di Kebayoran Baru ini dulu dikenal sebagai Masjid Agung Kebayoran Baru.

Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Sunda Kelapa berbeda dengan masjid lainnya. Masjid ini tidak memiliki kubah atau pun bedug. Sturktur pilarnya terbuat dari beton, gapura, dan atap menjadi ciri kemegahan Masjid Agung Sunda Kelapa. Di gerbang utama ada gapura yang dihiasi dengan ukiran kaligrafi Arab berwarna emas kombinasi putih yang sangat indah.

Masjid At'tin

Di wilayah Jakarta Timur ada Masjid At'tin. Ini bisa menjadi pilihan untuk salat Idul Fitri. Karena masjid ini adalah salah satu dari dua masjid megah di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tepatnya di Jalan Taman Mini I, Masjid At'tin memiliki arsitektur, desain interior, eksterior, serta hiasan ornamen yang menarik. Fasilitasnya pun memadai untuk melaksanakan serangkaian ibadah di bulan Ramadan, di antaranya ruangan wudhu yang luas, tersedia banyak kamar mandi, dan memiliki arena parkir yang luas.

Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia

Sesuai namanya, masjid ini terletak di kompleks Bank Indonesia yang berada di Jalan Budi Kemuliaan, Gambir. Masjid Baitul Ihsan jadi favorit karena letaknya yang strategis dan memiliki arsitektur indah memanjakan mata. Selain itu, masjid ini memiliki fasilitas lengkap seperti AC, karpet yang tebal, tempat wudhu, dan toilet yang nyaman.


Editor : Vien Dimyati